Warning: Cannot modify header information - headers already sent by (output started at /home/starberi/public_html/index.php:8) in /home/starberi/public_html/wp-content/plugins/post-views-counter/includes/counter.php on line 246
Starberita.com | Cepat & Akurat – Benarkah Kulit Telur Bisa Sembuhkan Patah Tulang?
Search
Sabtu 19 Oktober 2019
  • :
  • :

Benarkah Kulit Telur Bisa Sembuhkan Patah Tulang?

Starberita – Jakarta, Dibandingkan bagian lainnya, kulit telur relatif dianggap tidak memiliki manfaat untuk kesehatan tubuh. Tapi ada anggapan bahwa kulit telur bermanfaat untuk menyembuhkan patah tulang.

Pendapat ini tentu saja mengundang perdebatan. Dan perlu dikaji lebih lanjut secara ilmiah.

Kalsium dalam kulit telur

Cangkang atau kulit telur sebagian besar terdiri dari kalsium karbonat. Zat ini sangat penting untuk menjaga kesehatan tulang. Sisanya terdiri dari protein dan mineral lainnya.

Dalam beberapa dekade terakhir, bubuk kulit telur telah digunakan sebagai suplemen kalsium alami. Kulit telur terdiri dari 40 persen kalsium. Setengah cangkang telur bahkan dapat menyediakan kalsium yang cukup untuk memenuhi kebutuhan harian bagi orang dewasa, yaitu 1.000 mg per hari.

Atas dasar itulah, sebagian orang menghancurkan kulit telur menjadi bubuk halus untuk menambah kekuatan tulang. Bubuk kulit telur itu lalu dijadikan suplemen kalsium alami untuk kesehatan tulang.

Kulit telur bisa sembuhkan patah tulang?

Baru-baru ini penelitian yang dilakukan di University of Massachusetts Lowell melaporkan bahwa kulit telur dapat menyembuhkan patah tulang. Studi yang dilakukan secara in vitro (dalam lingkungan buatan) itu menggunakan tikus sebagai bahan percobaan.

Para peneliti menunjukkan kulit telur yang dihancurkan bisa menjadi alternatif dalam memperbaiki kerusakan tulang, khususnya untuk mendukung pertumbuhan jaringan tulang baru. Dari bubuk kulit telur itu dibuatlah biomaterial yang membantu regenerasi tulang setelah mengalami kerusakan. Meski baru diujicobakan pada tikus, peneliti yakin biomaterial itu bisa digunakan juga pada manusia.

Proses inovatif ini membutuhkan penambahan bubuk halus kulit telur ke dalam campuran hidrogel. Karena terbuat dari kalsium dan mudah mengeras, kulit telur lebih mudah dibentuk menjadi sel tulang baru. Tulang baru itulah yang akan digunakan dalam proses cangkok tulang sehingga mempercepat proses “reparasi” kerusakan tulang.

Masih dikutip dari Medical News Today, selama ini dokter mengumpulkan sel-sel tulang dari orang-orang yang membutuhkan transplantasi. Hal itu dilakukan untuk memastikan bahwa jaringan yang akan dicangkok adalah pasangan yang tepat dan tubuh tidak akan menolaknya.

Proses tersebut membutuhkan waktu cukup panjang. Namun, dengan menggunakan campuran kulit telur untuk menumbuhkan jaringan dalam proses transplantasi, hal tersebut menjadi lebih efisien.

Meski begitu, di Indonesia sendiri, mungkin lebih sering ditemukan kulit telur yang dijadikan suplemen kalsium ketimbang menjadi bagian dari proses cangkok tulang.

Namun, memilih dan membuat kulit telur untuk menyembuhkan patah tulang juga tidak boleh sembarang. Jika dibuat secara homemade tanpa melewati proses sterilisasi terlebih dulu, praktik tersebut berisiko. Pasalnya, kulit telur bisa terkontaminasi bakteri Salmonella enteritidis yang dapat menimbulkan infeksi pencernaan.

Konsumsi suplemen kulit telur

Terkait hal itu, dr Sepriani Timurtini Limbong, mengatakan tak ada salahnya Anda mengonsumsi banyak asupan yang mengandung kalsium, tak terkecuali suplemen kulit telur, saat sedang patah tulang.

“Iya, kulit telur kan memang diketahui punya banyak kalsium. Jadi, enggak apa-apa bila orang yang patah tulang mengonsumsi suplemen tersebut,” ucap dr. Sepriani.

Yang terpenting, Anda harus memastikan bahwa suplemen kulit telur atau suplemen kalsium tersebut sudah terdaftar di BPOM. Bila suplemen tersebut belum terdaftar secara resmi, dikhawatirkan proses pembuatannya tidak higienis sehingga membuat Anda jatuh sakit.

Dokter Sepri menambahkan, untuk menyembuhkan patah tulang, Anda tidak boleh hanya bergantung pada suplemen kulit telur. Jadikan suplemen itu sebagai asupan pendukung. “Anda tetap butuh makanan dan minuman lain yang mengandung kalsium serta jangan lewatkan berjemur,” ujar dr. Sepri.

Ternyata kulit telur bukan sekadar limbah rumah tangga. Jika diolah dengan baik dan teknik yang tepat lewat proses yang steril, kulit telur bisa dibuat menjadi supleme yang bisa menyembuhkan patah tulang. Tapi jangan berpikir mengolahnya sendiri di rumah ya, karena berisiko untuk kesehatan Anda. Namun tetap disarankan untuk berkonsultasi dengan dokter sebelum mengonsumsinya untuk mencegah efek yang membahayakan kesehatan. (sbc-02/kdc)

 




Tinggalkan Balasan

error: