Warning: Cannot modify header information - headers already sent by (output started at /home/starberi/public_html/index.php:8) in /home/starberi/public_html/wp-content/plugins/post-views-counter/includes/counter.php on line 246
Starberita.com | Cepat & Akurat – Sayur & Buah Ini Ampuh Cegah Kanker
Search
Senin 23 September 2019
  • :
  • :

Sayur & Buah Ini Ampuh Cegah Kanker

Starberita – Jakarta, Hingga saat ini kanker masih menjadi penyakit paling mematikan di seluruh dunia. Lebih dari satu juta orang di Amerika Serikat didiagnosis mengidap kanker setiap tahunnya.

Di Indonesia, angka pasien pengidap kanker juga terus meningkat setiap tahunnya, namun bukan berarti penyakit tersebut tidak dapat dicegah.

Dengan melakukan deteksi dini dan menjalankan gaya hidup sehat, Anda dapat mengurangi risiko kanker. Salah satunya dengan mengonsumsi makanan sehat. Berikut 4 jenis sayuran dan buah yang dapat mencegah kanker, sebagaimana dilansir dari Draxe.

Buah beri

The ORAC melaporkan, semua jenis buah beri memiliki kandungan antioksidan paling tinggi di antara jenis makanan lainnya. Seperti diketahui, antioksidan merupakan nutrisi yang sangat penting untuk pencegahan kanker.

Buah jenis beri seperti blueberi, stroberi, ceri, goji beri, dan blackberi juga dikemas dengan nutrisi vitamin C dan asam gallic yang mampu meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Menurut sejarah, buah-buahan ini telah digunakan dalam pengobatan tradisional China sejak 200 SM. Anda bisa mengonsumsi makanan tersebut dalam bentuk bubuk atau yang sudah dikeringkan.

Rempah-rempah

Kunyit umumnya digunakan sebagai bumbu pelezat masakan atau pewarna makanan alami. Namun tidak banyak yang tahu bahwa tanaman ini merupakan salah satu bahan makanan yang paling sering digunakan dalam diet kanker, karena terbukti dapat menurunkan ukuran tumor dan melawan kanker usus besar dan payudara.

Selain kunyit, lada hitam, bawang putih, cabai rawit, oregano, peterseli, dan daun basil juga dipercaya dapat melawan peradangan, mencegah virus-virus penyebab kanker, serta meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Cara termudah untuk mengolah bumbu rempah-rempah ini adalah dengan mencampurkannya sebagai bumbu pelengkap saat membuat tumis sayur, atau dijadikan bahan dasar smoothies.

Sayuran berdaun hijau

Sayuran yang satu ini merupakan salah satu makanan yang wajib Anda konsumsi karena kaya akan vitamin, mineral, antioksidan, enzim, dan nutirisi lainnya. Tidak hanya itu, sayuran hijau juga memiliki kandungan kalori, lemak, dan sodium yang rendah, sehingga juga dapat membantu Anda mempertahankan berat badan.

Para ahli menganjurkan untuk rutin mengonsumsi bayam, kangkung, selada air karena kandungan antioksidan, vitamin C, dan beta karotennya dipercaya ampuh mencegah kanker. Isothiocyanates (ITC) juga sering ditemukan pada sayuran hijau, di mana kandungan ini terbuat dari glucosinolates yang dilaporkan dapat membantu mengeluarkan racun di dalam tubuh.

Jamur

Jamur tidak hanya dapat diolah menjadi berbagai hidangan lezat. Sayuran yang memiliki banyak spesies ini juga memiliki segudang manfaat kesehatan. Nutrisi yang terkadang pada jamur dipercaya dapat menambah sistem kekebalan tubuh dan sudah lama digunakan para ahli medis dalam memerangi kanker sejak berabad-abad lalu.

Contohnya adalah jamur jenis reishi, cordyceps dan maitake. Jamur ini mengandung vitamin yang dapat melawan pertumbuhan tumor dan membantu regenerasi sel. Sekarang, sayuran tersebut sudah banyak diolah menjadi obat kapsul yang dapat diminum secara praktis. (sbc-02okz)

 




Tinggalkan Balasan

error: