Warning: Cannot modify header information - headers already sent by (output started at /home/starberi/public_html/index.php:8) in /home/starberi/public_html/wp-content/plugins/post-views-counter/includes/counter.php on line 246
Starberita.com | Cepat & Akurat – Pemkab Dairi Luncurkan Kartu Tani
Search
Selasa 24 September 2019
  • :
  • :

Pemkab Dairi Luncurkan Kartu Tani

Starberita – Sidikalang, Pemerintah Kabupaten Dairi secara resmi meluncurkan kartu tani. Kartu tersebut dimaksudkan untuk memberikan kemudahan bagi petani dalam mengakses berbagai bantuan pemerintah di bidang pertanian.

Peluncuran kartu tani ditandai pelepasan balon oleh Bupati Dairi, Eddy KA Berutu, di sela kunjungan kerja Menteri Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi, H. Mohamad Nasir yang membuka Rintisan Eksibisi Inovasi Sains Riset Teknologi Dan Ekonomi Kreatif, di Taman Rekreasi Sidikalang, Sabtu (13/7/2019).

Dalam sambutannya, Bupati Dairi mengatakan, kebijakan pembangunan Kabupaten Dairi kini diarahkan kepada pembangunan SDM dan sarana-prasarana pendukung, salah satunya merintis proyek pengembangan sains dan teknologi yaitu Dairi Technopark.

Besarnya jumlah penduduk dengan usia produktif harus diikuti peningkatan kualitas pendidikan, ketrampilan termasuk kemampuan untuk bersaing di pasar tenaga kerja.

Diutarakan, Pemerintah Kabupaten Dairi akan membangun Dairi Technopark dilokasi Taman Rekreasi Sidikalang sebagai ruang berbasis potensi dan sumber daya daerah seperti diarahkan Menristek Dikti.

Dengan dukungan Pemerintah Pusat khususnya Kementerian Ristek Dikti, upaya pengembangan lokasi Dairi Technopark akan segera terwujud.

Konsep Dairi Technopark akan mengintegrasikan nilai-nilai kearifan lokal dan usaha ekonomi kreatif dengan inovasi teknologi tepat guna dan teknologi informatika guna peningkatan ekonomi daerah, sebut Bupati.

Sementara itu, Menteri Ristek Teknologi dan Perguruan Tinggi menyebut, tekhnologi yang akan dikembangkan di Dairi Technopark dapat dimanfaatkan seluruh pengusaha mikro. “Dengan pemanfaatan tekhnologi, ekonomi Dairi akan bergerak”, sebutnya.

Dicontohkan, Kabupaten Dairi yang sangat terkenal dengan Kopi Sidikalang, merupakan peluang yang perlu dikelola agar memiliki nilai tambah, memiliki cara pengemasan yang baik serta standart rasa yang terukur sehingga ketika orang menyebut Kopi Sidikalang yang di produksi berbagai UKM, orang akan langsung teringat karena sudah memiliki standart rasa yang sama.

Disebutkan, jika kedepan Dairi Technopark berhasil dan mampu membangun perekonomian di Kabupaten Dairi, maka Menristek Dikti akan mengupayakan lokasi tersebut dikunjungi Presiden Joko Widodo.

Sementara terkait peluncuran Kartu Tani, Menristek memberi apresiasi dan berharap manfaatnya dapat dirasakan masyarakat petani. Dengan kartu tani maka berbagai bantuan seperti pupuk bersubsidi akan lebih terkontrol dan tepat sasaran.

“Dengan kartu tani, mudah-mudahan petani akan memdapatkan peningkatan nilai tambah dan keuntungan yang lebih tinggi” sebutnya. (sbc-05/drh)




Tinggalkan Balasan

error: