Search
Selasa 14 Juli 2020
  • :
  • :

Tomat Bisa Cegah Kanker, Ini Tips Cara Konsumsi yang Benar

Starberita – Jakarta, Betapa banyak manfaat tomat bagi kesehatan, hal itu tidak lagi diragukan. Sama seperti jenis sayur dan buah lain, banyak yang mengira mendapatkan manfaat sehat dari tomat cukup mengonsumsinya mentah.

Padahal, hal itu kurang tepat. Tomat merah memiliki senyawa likopen yang mampu mencegah kanker. Namun, likopen baru bisa didapatkan hanya jika tomat melalui proses pemanasan.

Spesialis Gizi Klinis, dr. Ida Gunawan, MS, SpGK(K) mengatakan, zat likopen pada tomat merah sangat tinggi. “Panaskan 5-10 menit. Bisa direbus, dioven, atau dikukus. Ketika dipanaskan likopennya akan keluar,” ujarnya.

Lebih lanjut Ida menyebutkan bahwa nutrisi tomat akan berbeda jika dikonsumsi mentah. “Jika mentah senyawanya berbentuk isomer trans, tubuh akan sulit mencernanya. Sedangkan jika sudah dipanaskan, isomernya akan berubah menjadi Cis yang bersifat mudah diserap tubuh karena sudah menjadi senyawa likopen. Hasilnya 10 kali dari betakaroten.”

Namun, Ida menegaskan bukan berarti konsumsi tomat segar tak ada manfaatnya. Ia menyebut bahwa tomat mentah memiliki vitamin dan serat yang cukup tinggi. “Tergantung manfaat apa yang ingin diambil. Jika ingin diet dan mengambil manfaat serat, makanlah yang mentah. Namun, jika ingin manfaatnya untuk mencegah kanker, sebaiknya dipanaskan dulu,” ujarnya.

Jika ingin mencegah kanker, Ida menganjurkan Anda mengonsumsi tomat yang dipanaskan. Konsumsi lah 3 tomat sehari tanpa biji dan kulitnya. (sbc-02/vnc)

 

 




Tinggalkan Balasan

error: