Warning: Cannot modify header information - headers already sent by (output started at /home/starberi/public_html/index.php:8) in /home/starberi/public_html/wp-content/plugins/post-views-counter/includes/counter.php on line 246
Starberita.com | Cepat & Akurat – Awas, Kolesterol Terlalu Rendah juga Beresiko!
Search
Selasa 16 Juli 2019
  • :
  • :

Awas, Kolesterol Terlalu Rendah juga Beresiko!

Starberita – Jakarta, Selama ini, sebagian besar masyarakat selalu berpikir bahwa kolesterol terlalu rendah tidak berefek buruk bagi kesehatan. Padahal faktanya tidak hanya kolesterol tinggi yang membahayakan kesehatan.

Benar memang bahwa kolesterol tinggi dapat menyebabkan penyumbatan di pembuluh darah sehingga risiko Anda untuk mengalami stroke ataupun penyakit jantung semakin besar. Kendati demikian, kolesterol terlalu rendah pun bisa berbahaya bila dibiarkan berlarut-larut.

Kegunaan kolesterol

Kolesterol adalah zat yang dibentuk oleh organ hati yang kemudian didistribusikan ke seluruh bagian tubuh. Agar bisa berfungsi dengan baik, tubuh Anda memerlukan kadar kolesterol yang seimbang. Kehadiran kolesterol di dalam tubuh tentu saja memiliki fungsi.

Beberapa kegunaan kolesterol, antara lain membantu produksi vitamin D, memproduksi beberapa jenis hormon, hingga membuat cairan empedu. Oleh sebab itu, dr Nitish Basant Adnani BmedSc MSc, mengatakan kadar kolesterol sebaiknya mesti dijaga dalam kadar yang cukup.

Kolesterol terbagi menjadi dua jenis, yaitu low-density lipoprotein (LDL) dan high-density lipoprotein (HDL). LDL berperan sebagai kolesterol jahat, sedangkan HDL berperan sebagai kolesterol baik.

LDL dikatakan jahat karena bisa membentuk penumpukan plak di pembuluh darah. Adapun HDL dikatakan baik karena mengambil sisa-sisa kolesterol dari jaringan tubuh dan mengembalikannya ke hati untuk didaur ulang.

Orang-orang yang sangat menghindari kolesterol tinggi biasanya akan melakukan berbagai cara untuk menurunkan kadar kolesterol mereka. Misalnya dengan tidak mengonsumsi makanan yang digoreng, tidak makan daging, hingga tidak mengonsumsi makanan atau minuman yang mengandung lemak.

Bahaya kolesterol terlalu rendah

Sebenarnya, hal tersebut memang baik untuk dilakukan. Namun, diet seperti itu hanya boleh dilakukan oleh orang yang punya permasalahan terhadap tingginya kadar LDL.

Jika Anda tak punya masalah kolesterol tinggi, tapi Anda sama sekali tidak mengonsumsi lemak, maka berhati-hatilah karena kadar kolesterol bisa terlalu rendah! Kondisi ini dapat menciptakan masalah kesehatan.

Dikatakan dr. Nitish, kadar kolesterol total yang sangat rendah kerap dikaitkan dengan beberapa kondisi kesehatan tertentu. Secara umum, kadar LDL kurang dari 40 mg/dL dapat dianggap terlalu rendah. Bahkan, beberapa sumber lain menyatakan, kadar LDL di bawah 50 mg/dL pun masih dianggap terlalu rendah.

“Ini memang jarang terjadi, tetapi kadar LDL yang terlalu rendah bisa meningkatkan risiko penyakit, seperti kanker, stroke, kelahiran prematur, berat badan bayi rendah, hingga gangguan kecemasan,” ujar dr. Nitish.

Lalu, bagaimana dengan gangguan kecemasan? Apa hubungan kolesterol rendah dengan gangguan psikis seperti itu? Ternyata, ada sebuah studi yang mengatakan bahwa wanita muda dengan kadar kolesterol rendah cenderung mengalami gejala depresi dan kecemasan.

Para peneliti menduga, kondisi tersebut berkaitan dengan proses pembentukan hormon dan terganggunya fungsi otak akibat kadar kolesterol yang terlalu rendah. Seperti yang sempat disinggung di atas, kolesterol bertugas untuk memproduksi hormon. Jika jumlahnya sedikit, otomatis kolesterol tidak bisa memproduksi hormon secara maksimal.

Kada kolesterol terlalu rendah di dalam tubuh tidak hanya terjadi karena Anda tak pernah mengonsumsi makanan berlemak. Ada faktor lain yang menyebabkan, yaitu riwayat keluarga dengan kondisi serupa atau sedang mengonsumsi obat-obatan tertentu. Jadi, apabila hasil cek kesehatan menunjukkan bahwa kadar kolesterol terlalu rendah, segera konsultasikan kepada dokter agar kolesterol Anda berada pada level  normal. (sbc-02/kdc)

 




Tinggalkan Balasan

error: