Warning: Cannot modify header information - headers already sent by (output started at /home/starberi/public_html/index.php:8) in /home/starberi/public_html/wp-content/plugins/post-views-counter/includes/counter.php on line 246
Starberita.com | Cepat & Akurat – Amankah Penderita Diabetes Konsumsi Nanas Madu?
Search
Minggu 20 Oktober 2019
  • :
  • :

Amankah Penderita Diabetes Konsumsi Nanas Madu?

Starberita – Jakarta, Belakangan buah nanas madu marak dijajakkan para penjual. Meski buahnya lebih kecil dari jenis nanas lainnya, namun nanas madu diyakini memiliki rasa lebih manis.

Karena memiliki rasa yang manis, buah ini belakangan banyak diburu. Namun, untuk penderita diabetes, amankah buah ini dikonsumsi?

Spesialis gizi klinis, DR. dr. Samuel Oetoro MS, SpGK, mengatakan meski nanas madu mengandung kandungan gula buah atau fruktosa yng tinggi, buah ini tetap aman dikonsumsi oleh penderita diabetes. Kendati demikian, harus dipilih tingkat kematangan yang belum begitu masak.

“Untuk penyandang diabetes, nanas madu aman, tapi jangan yang terlalu manis. Jika sudah terlalu manis, kandungan glukosanya sudah bertambah. Jadi lihat derajat kematangannya. Jika kulitnya kuning mengarah ke oranye, itu sudah matang dan biasanya manis sekali,” katanya.

Ciri nanas yang matang dan manis, kata Samuel, juga bisa diketahui dari wanginya. Jika aromanya wangi sekali, ini bisa dipastikan nanas matang dan memiliki rasa manis.

Dan untuk mereka yang suka nanas, sebenarnya, buah ini aman dikonsumsi tiap hari. Tapi ingat, pilih buah yang jangan terlalu matang.

“Karena saat terlalu matang wanginya tajam, glukosanya mulai tinggi. Itu bisa menyebabkan kadar gula darah Anda naik,” ujar Samuel. (sbc-02/vnc)

 




Tinggalkan Balasan

error: