Warning: Cannot modify header information - headers already sent by (output started at /home/starberi/public_html/index.php:8) in /home/starberi/public_html/wp-content/plugins/post-views-counter/includes/counter.php on line 246
Starberita.com | Cepat & Akurat – Ternyata, Siwak Juga Bisa Bantu Ringankan Gejala Rematik
Search
Kamis 12 Desember 2019
  • :
  • :

Ternyata, Siwak Juga Bisa Bantu Ringankan Gejala Rematik

Starberita – Jakarta, Belakangan ini, siwak menjadi tanaman yang sedang naik daun di tengah-tengah masyarakat. Selama ini siwak terbukti secara ilmiah mengandung bahan-bahan antibakteri yang baik untuk menjaga kesehatan gigi dan mulut. Nah, ternyata usut punya usut, siwak juga memiliki manfaat penting untuk meringankan gejala rematik. Bagaimana bisa?

Rematik bisa kian parah jika mulut tidak bersih

Rematik adalah penyakit autoimun yang biasanya ditandai dengan gejala nyeri sendi. Nyeri sendi pada rematik terjadi akibat adanya radang dan bengkak di membran sinovial. Membran sinovial adalah jaringan yang melindungi sendi.

Mungkin selama ini Anda sudah menghindari berbagai hal yang bisa merusak sendi. Namun hal itu mungkin belum cukup jika Anda tidak memerhatikan kebersihan gigi dan mulut.

Nyatanya, sebuah penelitian yang dilakukan oleh Martin-Luther University Halle-Wittenberg dari Jerman membuktikan mulut yang tak bersih mungkin membuat rematik kian parah.

Dalam studi ini disebutkan bahwa, bakteri P. gingivalis yang menjadi penyebab infeksi gusi mungkin saja berpindah ke membran sinovial dan akhirnya menyebabkan rematik kambuh.

Para ahli menyebutkan bahwa hal ini kemungkinan disebabkan oleh extra-oral translocation. Artinya, bakteri mungkin berpindah dari mulut ke bagian tubuh lainnya, termasuk sendi. Nah, perpindahan bakteri inilah yang mengakibatkan memburuknya peradangan pada penderita rematik.

Sebuah studi lainnya oleh The Johns Hopkins Arthritis Center menunjukkan hal yang sama. Riset ini menemukan bahwa sebanyak 70% pasien dengan rematik memiliki penyakit gusi periodontitis, yang 30% di antaranya menunjukkan gejala kerusakan gusi yang serius. Gejala-gejala tersebut mulai terlihat pada tahap awal munculnya rematik.

Oleh karena itu, menjaga kesehatan mulut, gigi, dan gusi sangatlah penting bagi penderita rematik. Perawatan gigi dan mulut telah terbukti dapat mengurangi gejala-gejala rematik, seperti pembengkakan sendi dan rasa nyeri.

Maka itu, siwak disebut-sebut punya manfaat untuk mengurangi gejala rematik karena bisa menghalau bakteri di mulut.

Manfaat siwak untuk rematik

Berikut adalah manfaat menggunakan siwak untuk mengurangi gejala-gejala rematik:

1. Antibakteri

Siwak terbukti dapat menghentikan pertumbuhan bakteri yang menyebabkan kerusakan gigi dan gusi. Berdasarkan hasil sebuah penelitian, siwak mampu melawan beberapa jenis bakteri seperti bakteri gram positif dan gram negatif, yang menjadi penyebab masalah gusi.

2. Antiradang

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, manfaat siwak untuk rematik yang berikutnya adalah mengurangi peradangan yang terjadi di dalam tubuh.

Pasien yang juga melakukan perawatan karena punya radang gusi lebih cepat pulih ketimbang dengan pasien yang cuma melakukan pengobatan untuk rematik saja.

3. Mengurangi rasa sakit

Rasa nyeri pada sendi akibat rematik ternyata dapat diobati dengan siwak. Kandungan senyawa polifenol (tanin) yang terdapat di dalam siwak terbukti dapat membantu meredakan rasa sakit, termasuk rematik.

Cara menggunakan siwak untuk rematik

Setelah mengetahui manfaat siwak untuk rematik, mungkin Anda berpikir bagaimana cara memakai tanaman tersebut untuk mengobati penyakit ini. Ada beberapa metode yang dapat Anda pilih untuk merasakan manfaat siwak secara langsung.

Berikut adalah beberapa cara menggunakan siwak untuk mengatasi gejala-gejala rematik:

1. Sikat gigi

Anda dapat menggunakan ranting siwak seperti menggunakan pasta gigi biasa. Caranya adalah dengan memotong ujung siwak sekitar 1 cm, kemudian kunyah ujung tersebut hingga membentuk serat yang menyerupai bulu.

Anda dapat menyikat gigi dengan serat tersebut tanpa perlu tambahan pasta gigi.

2. Essential oil

Anda juga dapat mencoba ekstrak siwak dalam bentuk minyak atau essential oil. Oleskan minyak tersebut ke bagian tubuh yang sakit saat rematik sedang kambuh.

3. Pasta gigi berbahan dasar siwak

Saat ini, sudah banyak pasta gigi yang dibuat dari siwak. Ini tentu bisa jadi alternatif apabila Anda kesulitan menemukan ranting siwak yang asli tapi tetap ingin mendapatkan manfaat siwak untuk rematik.

Anda bisa menggunakan pasta gigi tersebut untuk menyikat gigi seperti biasa supaya kebersihan mulut senantiasa terjaga dan bisa bantu mencegah gejala rematik muncul. (sbc-02/hel)

 




Tinggalkan Balasan

error: