Search
Selasa 14 Juli 2020
  • :
  • :

Ini Hubungan antara Kadar Kolesterol & Diabetes

Starberita – Jakarta, Kolesterol merupakan lemak yang diproduksi secara alami oleh organ hati atau juga bisa kita dapatkan dengan mengonsumsi produk hewani, seperti daging dan susu. Tubuh kita membutuhkan kolesterol untuk membantu pembentukan sel-sel baru, memproduksi hormon tertentu, sekaligus juga menghasilkan vitamin D yang dibutuhkan tubuh.

Karena sifatnya yang tidak bisa larut dalam darah, organ hati kita juga memproduksi zat bernama lipoprotein untuk menyalurkan kolesterol ke seluruh tubuh. Lipoprotein sebenarnya bermacam-macam. Namun, ada 2 macam yang utama, yakni:

  1. Low-Density Lipoprotein (LDL): LDL berfungsi membawa kolesterol ke seluruh tubuh melalui pembuluh arteri. LDL sering disebut dengan istilah ‘kolesterol jahat’.
  2. High-Density Lipoprotein (HDL): jenis ‘kolesterol baik’ yang bertugas mengembalikan kolesterol berlebih kembali ke hati untuk dikeluarkan dari tubuh.

Pada dasarnya, tubuh kita membutuhkan lebih banyak HDL ketimbang LDL.

Bagaimana diabetes dan kolesterol dapat memperberat komplikasi satu sama lain?

Jika Kamu menderita diabetes, ada baiknya mulai memperhatikan juga kadar kolesterol dalam tubuh. Pasien dengan diabetes memiliki kondisi khusus, yakni kadar insulin (hormon yang mengubah glukosa menjadi energi) yang dibutuhkan oleh tubuh tidak terpenuhi.

Gula yang masuk ke dalam tubuh tidak dapat terserap baik oleh sel-sel tubuh dan akhirnya menumpuk di dalam darah. Kondisi kadar gula yang tinggi dalam darah penderita diabetes ternyata memicu naiknya level kolesterol jahat atau LDL dalam tubuh dan justru menurunkan tingkat kolesterol baik atau HDL.

Kolesterol jahat yang terlalu banyak, menumpuk pada dinding-dinding arteri dan membentuk plak. Semakin banyak plak yang menumpuk, maka akan berdampak pada tersumbatnya aliran darah akibat diameter arteri yang menyempit. Jika dibiarkan, dikhawatirkan penderita diabetes akan mengalami aterosklerosis, yakni kondisi ketika pasien diabetes menjadi rentan terkena stroke dan jantung. Ketahui lebih jauh tentang diabetes di bawah ini, yuk!

Bagaimana mengatur kadar kolesterol dalam tubuh?

Ada beberapa cara yang bisa Kamu lakukan untuk mengatur kadar kolesterol dalam tubuh, di antaranya:

  • Kurangi atau hindari konsumsi makanan yang mengandung cokelat, margarin, atau santan.
  • Pilihlah produk-produk yang rendah lemak.
  • Konsumsi makanan yang mengandung banyak asam lemak omega-3, seperti kacang kedelai, oats, ikan laut, ataupun kacang merah.
  • Perbanyak konsumsi sayur dan buah untuk membantu mempercepat proses pelarutan kolesterol dalam tubuh.

Selain level kolesterol dalam tubuh, ada baiknya penderita diabetes untuk selalu mengontrol kadar gula tubuh. Beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengatur gula dalam darah adalah:

  • Jaga berat badan ideal tubuh.
  • Rutin berolahraga. Lakukan 4 hari dalam seminggu setidaknya 30 menit.
  • Hindari merokok dan minum alkohol.
  • Atur pola makan menjadi lebih sehat dengan mengonsumsi makanan tinggi serat.
  • Jangan lupa untuk rutin melakukan pengecekan gula darah, tekanan darah, kolesterol, serta trigliserida secara berkala.

Terakhir, selalu berkonsultasi ke dokter terkait dengan kemungkinan perlunya konsumsi obat penurun kolesterol atau pengobatan diabetes. (sbc-02/gsc)

 




Tinggalkan Balasan

error: