Warning: Cannot modify header information - headers already sent by (output started at /home/starberi/public_html/index.php:8) in /home/starberi/public_html/wp-content/plugins/post-views-counter/includes/counter.php on line 246
Starberita.com | Cepat & Akurat – Ganggu Aktivitas, Atasi Konstipasi dengan 8 Bahan Makanan Alami Ini
Search
Selasa 19 November 2019
  • :
  • :

Ganggu Aktivitas, Atasi Konstipasi dengan 8 Bahan Makanan Alami Ini

Starberita – Jakarta, Gaya hidup tidak sehat serta kebiasaan makan yang buruk membuat semakin banyak orang menderita kontipasi atau buang air besar yang tidak teratur. Ada banyak alasan yang bisa menyebabkan seseorang mengalami konstipasi, termasuk stres dan masalah pencernaan. Namun kebiasaan makan yang tidak sehat

Konstipasi yang dibiarkan bisa sangat mengaggu aktivitas harian Anda juga bisa berdampak lebih buruk pada kesehatan pencernaan. Kabar baiknya, Anda bisa menghindari atau mengatasi masalah konstipasi dengan mengonsumsi bahan-bahan makanan alami.

Pastikan Anda segera berkonsultasi dengan dokter jika konstipasi sudah dirasa parah. Jika tidak, delapan bahan makanan alami ini diyakini mampu membantu Anda mengatasi konstipasi dan melancarkan buang air besar. Apa saja?

  1. Stroberi

Kaya akan vitamin C, stroberi juga dikenal sebagai buah yang mampu meningkatkan daya tahan tubuh. Di samping itu, tingginya jumlah serat larut yang ditemukan dalam biji stroberi juga dapat membantu meringankan konstipasi secara alami. Segenggam stroberi sehari cukup untuk membuat Anda buang air besar secara teratur.

  1. Yoghurt

Kendati dairy product atau produk-prodyk turunan susu termasuk dalam bahan makanan yang dapat mengganggu pencernaan dan memicu konstipasi, tidak demikian dengan yoghurt. Kandungan bakteri probiotik yang terdapat di dalam yoghurt justru dapat menyehatkan sistem pencernaan Anda. Namun pastikan Anda memilih yoghurt dengan rasa alami tanpa tambahan pemanis buatan untuk mendapatkan manfaat maksimal yoghurt bagi pencernaan.

  1. Prem

Prem atau buah plum yang dikeringkan merupakan salah satu sumber makanan yang paling kaya akan kandungan dihydrophenylisatin yang bertindak sebagai pencahar alami yang membantu kontraksi otot-otot pencernaan. Prem juga mengandung sorbitol yang juga berfungsi sebagai pencahar. Namun hindari prem jika Anda peka terhadap semua zat pengganti gula.

  1. Havermut

Menjadi salah satu menu sarapan sehat yang populer selain telur, havermut juga merupakan makanan yang sangat baik dikonsumsi untuk membantu mengatasi konstipasi. Selain mengandung serat yang memperlancar pencernaan, havermut juga mampu menyeimbangkan kadar kolesterol sehingga baik juga dikonsumsi oleh penderita penyakit jantung.

  1. Biji Rami Tanah

Biji rami tanah merupakan sumber serat yang luar biasa. Ada sekitar tiga gram serat larut dalam satu sendok makan biji rami tanah. Anda dapat menambahkan biji rami bubuk ke banyak makanan dan smoothie untuk menuai manfaat kesehatannya tanpa mengubah rasa makanan dan minuman Anda.

  1. Kacang Hitam

Satu cangkir kacang hitam memberi tubuh Anda lebih dari 15 gram serat larut, yang memainkan peran penting dalam pergerakan usus. Selain itu, kacang hitam diperkaya dengan protein yang mudah dicerna oleh usus.

  1. Brokoli

Ketika Anda tidak makan cukup sayuran, Anda cenderung lebih sering mengalami konstipasi. Namun perlu diingat bahwa tidak semua sayuran membantu pencernaan. Sedangkan brokoli mengandung sekitar 10 persen dari asupan serat harian yang direkomendasikan dalam satu cangkir untuk memastikan pencernaan yang sehat.

  1. Badam

Badam atau dikenal dengan nama kacang almon kaya akan lemak sehat dan penuh dengan nutrisi penting lainnya, termasuk serat larut. Meskipun demikian, mengonsumsi kacang almon pun tidak boleh sembarangan. Anda hanya disarankan untuk mengonsumsi tidak lebih dari segenggam kacang almon tanpa tambahan gula arau garam per hari. (sbc-02/auc)

 




Tinggalkan Balasan

error: