Warning: Cannot modify header information - headers already sent by (output started at /home/starberi/public_html/index.php:8) in /home/starberi/public_html/wp-content/plugins/post-views-counter/includes/counter.php on line 246
Starberita.com | Cepat & Akurat – 4 Kondisi Tubuh Ini Tak Diperbolehkan Banyak Minum Air
Search
Jumat 22 November 2019
  • :
  • :

4 Kondisi Tubuh Ini Tak Diperbolehkan Banyak Minum Air

Starberita – Jakarta, Dari sekian banyak jenis minuman yang ada di dunia ini, mulai dari yang berasa manis dan menyegarkan, tidak ada yang lebih baik khasiatnya bagi tubuh selain air putih. Hal ini dikarenakan tubuh manusia sebagian besar berisi air.

Tidak dapat dipungkiri bahwa semua sistem yang berjalan dalam tubuh kita bergantung pada air. Tidak mengherankan apabila ada anjuran yang menyarankan Kamu tidak boleh kekuarangan air.  Jika terjadi kekurangan cairan atau dehidrasi, maka akan terjadi beberapa kemungkinan terburuk.

Oleh karena itu, para pakar kesehatan menyarankan manusia untuk meminum air putih sekurang-kurangnya 8 gelas setiap hari. Namun, meskipun fungsi tubuh bergantung pada asupan air, Kamu tidak dianjurkan mengkonsumsinya secara berlebihan (overhidrasi). Overhidrasi akan berbahaya bagi tubuh.

Menurut laporan dari Exercise Associated Hyponataermia (EAH), mencatat ada sekitar 1.600 kasus kematian di seluruh dunia akibat minum air yang berlebihan. Mengapa demikian?

Tanda Kamu Tidak Boleh Terlalu Banyak Minum

Menurut para ahli, terdapat beberapa kondisi tubuh yang tidak memperbolehkan Kamu meminum air putih terlalu banyak karena bahaya overhidrasi untuk kesehatan bisa berakibat fatal. Inilah kondisi yang merupakan tanda minum harus dibatasi:

  1. Saat Perut Terasa Kembung

Ada beberapa penyebab perutmu terasa kembung, salah satunya perutmu sudah terlalu banyak menampung makanan dan minuman. Saat kamu merasa demikian, jangan terlalu banyak minum air putih ya Gengs karena akan membuatmu tidak nyaman bahkan perut bisa menjadi keram dan sakit.

  1. Saat Warna Urine Transparan

Warna urine merupakan indikator kecukupan cairan dalam tubuhmu. Jika air urinmu berwarna kuning, itu artinya tubuhmu belum cukup cairan sehingga harus lebih banyak minum.

Namun, jika sudah berwarna bening, menunjukan bahwa tubuhmu sudah memenuhi cairan yang dibutuhkan. Mungkin terdengar spele, namun jika urine Kamu sudah berwarna jernih, minumlah secukupnya saja.

  1. Saat Makan

Geng Sehat pernah mendengar jika minum sebaiknya dilakukan setelah makan? Hal tersebut benar lho! Mengkonsumsi air di sela-sela makan dapat membuat perutmu merasa kenyang lebih cepat.

  1. Setelah Berolahraga

Banyak bergerak dengan melibatkan seluruh anggota tubuh seperti olahraga akan membuatmu kehilangan banyak cairan. Minumlah air putih secukupnya dan tidak berlebihan. Jika kadar air di tubuhmu sangat berlebih, hal tersebut dapat mengakibatkan kadar natrium di dalam tubuhmu menjadi rendah.

Bahaya Overhidrasi untuk Kesehatan

Inilah beberapa dampak atau overhidrasi untuk kesehatan:

  1. Merusak Komposisi Darah

Bahya overhidrasi untuk kesehatan yang pertama adalah mengganggu komposisi normal darah Kamu. Setiap orang memiliki plasma darah dengn kekentalan yang terukur. Jika terlalu banyak minum, dikhawatirkan akan mengganggu sistem peredaran darah dalam tubuhmu karena darah menjadi terlalu encer.

  1. Kinerja Jantung Terganggu

Volume air yang meningkat akan meningkatkan tekanan darah pada sistem pembuluh darah yang tertutup yang dikontrol oleh jantung. Akibatnya volume darah yang meningkat ini akan menggangu sistem pembuluh darah dan berimbas pada fungsi jantung.

  1. Beban Kerja Ginjal Bertambah

Karena volume darah meningkat, maka cairan yang harus disaring oleh ginjal pun semakin banyak. Fungsi ginjal adalah untuk menyaring kelebihan limbah dan air dalam aliran darah. Jika hal ini terlalu sering terjadi, maka glomerulus (struktur ginjal yang berguna untuk menyaring darah) akan memiliki beban kerja yang berlebihan dan memicu penyakit ginjal.

  1. Kekurangan Kadar Natrium

Natrium merupakan mineral elektrolit yang dapat membantu tubuh mengatur jumlah kadar air di darah dan sel-sel tubuh. Apabila kandungan air dalam tubuh berlebihan, maka natrium menjadi encer yang mengakibatkan volume darah menurun sehingga tekanan darah ikut menururun yang disebut dengan hiponatremina. Ketidakseimbangan elektrolit juga merupakan bahaya overhidrasi untuk kesehatan. Gejalanya dapat berupa mual, sering buang air kecil, hingga gangguan kesadaran.

Kamu sudah tahu kan Gengs, bahwa segala yang berlebihan termasuk minum tidak membawa manfaat bagi tubuh? Mulai sekarang, Kamu harus perhatikan kondisi tubuhmu, caranya dengan minum sedikit demi sedikit namun dengan interval waktu yang cukup sering. Semoga bermanfaat ya! (sbc-02/gsc)

 

 




Tinggalkan Balasan

error: