Search
Minggu 29 Maret 2020
  • :
  • :

Sekda, Motor Penggerak Organisasi Pemerintah Daerah

Starberita – Tobasa, Sekretaris Daerah (Sekda) kabupaten memiliki peran penting dalam pemerintahan, karena punya kewajiban membantu kepala daerah dalam menyusun kebijakan serta membina hubungan kerja dengan dinas, lembaga teknis dan unit pelaksana lainnya.

Di samping kewajiban itu, dikatakan Sekda juga harus bisa membaca dinamika yang sedang berkembang, menyiapkan dan mengintegrasikan segala potensi guna mendukung kebijakan kepala daerah serta berkoordinasi dan berkomunikasi secara aktif dengan seluruh instansi, baik internal maupun eksternal.

“Sekda harus mampu meningkatkan kualitas pembangunan, menuntaskan pekerjaan yang belum selesai serta pro aktif mengkoordinasikan seluruh perangkat daerah,” kata Bupati Darwin Siagian setelah melantik dan mengambil sumpah Audi Murphy O Sitorus sebagai Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama Sekretaris Daerah Kabupaten Toba Samosir (Tobasa) i Balai Data Lantai IV Kantor Bupati di Balige, Selasa (2/07/2019).

Bupati Darwin menyampaikan ini, karena Sekda merupakan motor penggerak Organisasi Pemerintah Daerah. “Ini harus disadari. Demikian halnya dengan kewajiban, tugas dan tanggung jawab seorang Sekda, harus diketahui bukan semata-mata melaksanakan tugas-tugas rutin, tetapi hendaknya juga bisa menentukan langkah-langkah taktis dan strategis dalam rangka menata, membina serta meningkatkan pelayanan kepada masyarakat,” terangnya.

Kemudian, Sekda harus mampu mendorong terlaksananya berbagai kebijakan pemerintah demi kemajuan pembangunan di Tobasa.

Sekaitan itu, dalam melaksanakan tugasnya sebagai Sekda, Audi Murphy Sitorus diminta meningkatkan disiplin PNS, melakukan upaya menyeimbangkan antara peningkatan kesejateraan dengan hukuman. Mendayagunakan semua potensi PNS dengan prinsip birokrasi yang cepat, tepat, akurat namun taat azas.

Kemudian membangun hubungan kerja yang baik dengan mitra kerja seperti DPRD dan Forkopimda dalam rangka mengembangkan kebijakan daerah dalam menghadapi hambatan tugas pembangunan dan pemerintahan. “Kembangkanlah sistim penyusunan anggaran berbasis kinerja dan berikanlah kesempatan kepada SKPD untuk menyampaikan argumentasi atas semua usulan program secara komprehensif supaya program kita kedepan semakin baik,” kata Darwin sembari menyampaikan selamat bekerja.

Sementara kepada Harapan Napitupulu SH, Bupati Darwin menyampaikan terimakasih atas saran dan sumbangsihnya selama melaksanakan tugas sebagai Pelaksana Tugas Sekda, sehingga mereka terbantu dalam menjalankan roda pemerintahan Kabupaten Tobasa.

Hadir dalam pelantikan dan pengambilan sumpah tersebut, Ketua DPRD Boike Pasaribu, Wakil Ketua Tonni Simanjuntak, Winner Sinambela, Kapolres AKBP Agus Waluyo, perwakilan Kajari Tobasamosir, Wakil Ketua PN Balige, Ketua TP PKK Ny. Ritawati Darwin Siagian, Kepala BKD Kasten Panjaitan, rohaniawan dan para pimpinan OPD dilingkungan Pemerintah Kabupaten Tobasa. (sbc-05/drh)




Tinggalkan Balasan

error: