Warning: Cannot modify header information - headers already sent by (output started at /home/starberi/public_html/index.php:8) in /home/starberi/public_html/wp-content/plugins/post-views-counter/includes/counter.php on line 246
Starberita.com | Cepat & Akurat – Mendagri Buka Rakernas XIV APEKSI 2019
Search
Sabtu 14 Desember 2019
  • :
  • :

Mendagri Buka Rakernas XIV APEKSI 2019

Starberita – Semarang, Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Republik Indonesia, Tjahjo Kumolo, membuka Rapat Kerja Nasional (Rakernas) XIV Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (APEKSI) 2019 di Hotel Po Semarang, Rabu (3/7/2019).

Diharapkan, Rakernas APEKSi dapat melahirkan ide, gagasan dan terobosan sekaligus membangun solidaritas antar Walikota dan Wakil Walikota sehingga mampu memberikan kontribusi terhadap bangsa dan negara yang berdaulat pada masa mendatang.

Rakernas APEKSI yang berlangsung mulai 2-6 Juli dihadiri 92 Wali Kota dari 93 kota otonomom dan 5 kota administratif  di seluruh Indonesia, termasuk Kota Medan yang dihadiri langsung sang Walikota, Dzulmi Eldin.  Dalam Rakernas tahun ini, APEKSi mengusung tema, “Penguatan Alokasi Anggaran Pemerintah  Daerah Untuk Mendukung Profesionalitas Apratur dan Kemandirian Daerah”.

Ketua Umum APEKSI Pusat, Airin Rachmi Diani, melaporkan tujuan Rakernas APEKSI digelar untuk membahas berbagai permasalahan terkait penyelenggaraan pemerintah daerah. Kemudian menampung dan mengakomodir berbagai masukan maupun usulan anggota untuk selanjutnya disampaikan kepada kementrian terkait.

“Disamping itu melalui Rakernas ini, kita berharap hasilnya nanti dapat menunjang program kerja organisasi guna peningkatan kapasitas pemerintah di daerah masing-masing dan kota kita masing-masing,” kata Airin.

Selanjutnya, Airin, menerangkan, selain diskusi dan seminar yang menghadirkan sejumlah keynote speaker, Rakernas juga akan diisi dengan  serangkaian kegiatan seperti Indonesia City Expo, pawai budaya serta penanam pohon. Khusus pawai budaya, jelas Airin, kali pertama digelar malam hari karena biasanya  dilaksanakan siang hingga petang hari.

Sebelum membuka secara resmi Rakernas APEKSI, Mendagri Tjahjo Kumolo, menyampaikan ucapan terima kasih kepada  pemerintah kota se-Indonesia, khususnya Walikota beserta seluruh jajaran karena telah melaksanakan pemilihan kepala daerah (pilkada) serentak 3 kali berturut-turut serta pelaksanaan Pileg dan Pilpres 2019 sehingga berjalan  secara demokratis, aman, tertib dan tingkat partisipasi yang sangat tinggi.

Disamping itu tambah Mendagri, sukses itu juga tak terlepas dengan terjaminnya stabilitas keamanan atas kerja keras luar biasa Polri di-backup TNI, BIN dan semua pihak. “Semoga sukses ini akan meningkatkan kualitas dan bobot demokrasi kita yang akan memasuki Pilkada serentak 270 daerah pada September tahun depan,” harap Mendagri.

Terkait dengan pelaksanaan Rakernas, Mendagri, berpesan agar pemerintah kota harus mengawal dan mendukung agar pencapaian yang berkaitan dengan sisa anggaran pembangunan dalam RPJMN 2014-2019 harus bisa terlaksana dengan tuntas.

Kemudian APEKSI harus mendorong seluruh anggotanya yang tersebar di 93 kota otonom dan 5 kota administratif di Indonesia untuk segera mengambil langkah-langkah penyelesaian terhadap Rancangan RPJMN 2020-2025 sebagai penjabaran visi misi Presiden dan Wapres terpilih.

“Selain itu pemerintah kota juga harus mampu menjadi contoh tentang tata kelola  pemerintah dan pelayanan publik dengan pendekatan digital serta melahirkan administrasi pelayanan publik yang cepat dan efisien Bu serta mendukung investasi dan meningkatkan pertumbuhan ekonomi di wilayah perkotaan,” pesannya.

Sementara itu Walikota Medan, Dzulmi Eldin, sangat mengapresiasi dan menyambut baik digelarnya Rakernas APEKSI tersebut. Selain   menjadi forum silaturahmi, Rakernas yang digelar rutin setiap tahun ini juga menjadi momentum bagi para Wali Kota untuk menyampaikan masukan terkait dengan upaya percepatan pembangunan sekaligus peningkatan kesejahteraan masyarakatnya yang telah mereka lakukan selama ini.

Disamping itu dalam Rakernas, papar Walikota, juga dibahas apa yang menjadi tantangan masing-masing kota terkait  pembangunan yang dilaksanakan serta bagaimana solusi mengatasinya. “Dengan demikian seluruh kota yang tergabung dalam APEKSI dapat maju bersama-sama. Inilah salah satu poin yang kita bahas dalam Rakernas IV APEKSI ini,” ungkap Walikota.

Di kesempatan tersebut, Walikota,  tak lupa menyampaikan apresiasi dan mendukung penuh program pemerintah yang akan memberangkatkan 10 Walikota dan 10 Bupati untuk tugas belajar ke luar negeri selama 3 pekan seperti yang disampaikan Mendagri dalam sambutannya. Apalagi rencana  itu akan direalisasikan  tahun ini, pastinya Nopember 2019.

“Tugas belajar ini merupakan program pemerintah  yang merupakan hasil  komitmen pembicaraan Bapak Presiden dengan sejumlah kepala negara beberapa waktu lalu. Program ini tentunya sangat membantu kepala daerah baik di tingkat kabupaten maupun kota dalam meningkatkan wawasan dan pengetahuannya,” dukungnya. (sbc-02)

 

 




Tinggalkan Balasan

error: