Warning: Cannot modify header information - headers already sent by (output started at /home/starberi/public_html/index.php:8) in /home/starberi/public_html/wp-content/plugins/post-views-counter/includes/counter.php on line 246
Starberita.com | Cepat & Akurat – Berenang di Wahana Bermain Air, Waspada Bisa Tertular Diare
Search
Selasa 19 November 2019
  • :
  • :

Berenang di Wahana Bermain Air, Waspada Bisa Tertular Diare

Starberita – Jakarta, Wahana bermain air belakangan mulai digemari, terutama di kalangan anak-anak. Selain seru, berenang di wahana bermain air bisa menjadi alternatif menghabiskan liburan.

Meski nampaknya menyenangkan tapi tahukah Anda bahwa Centers for Disease Control and Prevention (CDC) menyebut bahwa berenang di kolam renang umum sangat berpotensi tertular diare melalui air kolam yang terkontaminasi. 

Penyakit ini disebabkan oleh parasit yang disebut cryptosporidium. 

“Ini pada dasarnya adalah penularan secara oral. Tinja untuk asupan oral adalah penyebab nomor satu,” ujar Waleed Javaid, Direktur Pencegahan dan Pengendalian Infeksi di Mount Sinai Downtown New York City.

Jadi jika seseorang yang mengalami diare selama beberapa hari terakhir dan masuk ke dalam kolam itu maka sisa diare bisa mengambang di kolam, sehingga mampu menginfeksi perenang lain. Kebanyakan orang yang mendapatkan cryptosporidiosis hanya mendapatkan bentuk ringan dari penyakitnya.

Gejala mereka mungkin termasuk diare dan perut yang tidak nyaman. Meski terdengar sepele, namun beberapa kasus menyebut bahwa cryptosporidiosis mampu melemahkan sistem kekebalan tubuh secara teknis disebut (immunosuppressed).

CDC menyebut bahwa diare yang disebabkan oleh bakteri  cryptosporidiosis ini berlangsung cukup lama. Sepanjang kasus yang ada, penderita akan merasakan diare selama tiga minggu. Tak hanya itu, selama 2007-2017, ada 444 wabah cryptosporidiosis. Hal ini menyebabkan 7.465 kasus di 40 negara bagian sampai Puerto Rico.

Terlebih lagi, jumlah kasus cryptosporidiosis meningkat di AS. Jumlah wabah meningkat sekitar 13 persen setiap tahun selama 10 tahun belakangan. Di sisi lain, CDC mengatakan bahwa kenaikan ini mungkin disebabkan oleh metode pengujian yang lebih maju, sehingga tidak menambah pertumbuhan kasusnya di 2007.

Untuk memproteksi diri, sebaiknya lebih selektif memilih area bermain air atau kolam renang umum. Tentukan tempat yang memang memiliki standar kebersihan yang tinggi. “Ini penting untuk semua orang terutama bagi mereka yang lebih rentan terhadap penyakit,” ujarnya.

Orang yang immunocompromised perlu waspada tentang hal-hal ini. Selain itu, berhati-hatilah jika Anda berenang di kolam di mana ternak atau hewan lain berada dalam jarak dekat, karena parasit dapat ditransfer dari hewan ke manusia. Dan kapan pun Anda menyentuh ternak, pastikan untuk membersihkan tangan Anda secara menyeluruh.

“Siapa pun yang mengalami diare selama beberapa hari terakhir tidak boleh menyelam dulu. Hal tersebut bisa menularkan penyakit kepada orang lain yang imunnya menurun,” ucap dia. (sbc-02/vnc)

 




Tinggalkan Balasan

error: