Warning: Cannot modify header information - headers already sent by (output started at /home/starberi/public_html/index.php:8) in /home/starberi/public_html/wp-content/plugins/post-views-counter/includes/counter.php on line 246
Starberita.com | Cepat & Akurat – Robby: Jabatan Plt Kadis Juga Penyebab Terjadinya Rasionalisasi
Search
Sabtu 19 Oktober 2019
  • :
  • :

Robby: Jabatan Plt Kadis Juga Penyebab Terjadinya Rasionalisasi

Starberita – Medan, Gubernur Sumatera Utara (Gubsu) Edy Rahmayadi didesak agar segera mendefinitifkan kepala-kepala dinas yang masih menyandang status Plt. Pasalnya, banyak program yang tidak berjalan dengan maksimal sehingga serapan anggaran begitu rendah dibawah 50 % yang menghasilkan Silpa yang mencapai ratusan miliaran rupiah yang berdampak pada penyusunan P APBD 2019 yang terkena rasionalisasi.

“Hal ini sangat kita sesalkan, karena besaran rasionalisasi mencapai 15% sampai 20%,” kata Ketua Komisi B Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Sumut, Robby Anangga SE kepada wartawan di ruang kerjanya Jalan Imam Bonjol Medan, Rabu (26/6/2019).

Robby mengungkapkan, dengan adanya rasionalisasi pada penyusunan P APBD 2019 ini, banyak program yang terhambat pelaksanaannya karena tidak melihat skala prioritas. Padahal ada beberapa program disebagian dinas yang memang urgent, namun terkena rasionalisasi.

“Seperti pengadaan kapal di Dinas Kelautan Sumut. Padahal pengadaan kapal ini sangat dibutuhkan dan program skala prioritas. Dengan adanya rasionalisasi, program ini tidak berjalan,” ujarnya.

Robby juga menjelaskan, bahwa dalam penyusunan dan pembahasan anggaran, jabatan kepala dinas haruslah definitif, agar serapan anggaran bisa terlaksana dan tidak terjadi Silpa.

“Sangat beda kewenangan yang dimiliki seorang kepala dinas yang menyandang status Plt dengan yang sudah definitif. Untuk itu, gubsu harus segera mendefinitfkan jabatan kepala dinas, yang tentunya harus layak orang yang ditempatkan. Seperti di Dinas Kehutanan dan UKM, yang saat ini jabatan Kadisnya masih Plt. Kalau memang sudah layak, ya segera definitfkan saja,” cetus politisi Partai Hanura tersebut. (sbc-03)




Tinggalkan Balasan

error: