Warning: Cannot modify header information - headers already sent by (output started at /home/starberi/public_html/index.php:8) in /home/starberi/public_html/wp-content/plugins/post-views-counter/includes/counter.php on line 246
Starberita.com | Cepat & Akurat – Muncul Bintik Merah di Payudara, Apakah Tanda Kanker?
Search
Kamis 19 September 2019
  • :
  • :

Muncul Bintik Merah di Payudara, Apakah Tanda Kanker?

Starberita – Jakarta, Kanker payudara adalah salah satu kanker yang paling sering didiagnosis pada wanita Indonesia. Hasil berbagai riset menunjukkan kasus kanker payudara terbanyak di Indonesia ada di Yogyakarta, yakni 24 per 10.000 penduduk wanita. Riskesdas Kementerian Kesehatan RI tahun 2013 bahkan melaporkan kanker payudara termasuk dalam 10 penyebab kematian terbanyak pada perempuan di Indonesia. Itu sebabnya penting bagi Anda mendeteksi gejala dan ciri kanker payudara sedini mungkin agar cepat mendapatkan pengobatan. Lantas, apakah kemunculan bintik merah di payudara termasuk pertanda kanker?

Bintik merah di payudara bisa jadi ciri kanker payudara langka

Umumnya bintik merah di kulit menjadi tanda penyakit kulit non-kanker, seperti biang keringat, dermatitis, biduran, hingga herpes zoster. Bintik-bintik merah tersebut bahkan mungkin saja jadi pertanda infeksi jamur.

Namun jika munculnya spesifik hanya di area payudara, kemungkinan Anda harus waspada dan pantau terus kondisinya. Kemunculan bintik merah tiba-tiba di kulit payudara bisa jadi ciri kanker payudara inflamasi atau yang disebut IBC (Inflamatory Breast Cancer). IBC adalah salah satu jenis kanker payudara yang sangat agresif namun langka.

Selain bintik merah di payudara, kenali gejala kanker payudara inflamasi (IBC) lainnya

Bintik merah di payudara bisa jadi ciri kanker payudara inflamasi apabila juga disertai dengan gejala-gejala berikut:

  • Perubahan tekstur kulit payudara (berlekuk tidak rata dan menebal berbintik seperti kulit jeruk)
  • Payudara terasa hangat, gatal, dan kemerahan.
  • Payudara membengkak.
  • Nyeri luar biasa pada payudara yang bermasalah.
  • Perubahan bentuk puting, puting nyeri, atau keluar cairan yang abnormal.

Bagi banyak wanita, benjolan di payudara adalah salah satu gejala awal dari kanker payudara. Namun, kanker payudara inflamasi tidak menimbulkan gejala seperti itu. Jadi, jangan mudah terlena.

Meski payudara Anda tidak ada benjolan, bukan berarti Anda benar-benar terbebas dari risiko kanker apabila memang muncul bintik merah di payudara tiba-tiba. Sebaiknya segera periksakan diri ke dokter untuk mendapatkan diagnosis penyebabnya yang lebih pasti, serta mendapatkan pilihan perawatan yang sesuai. (sbc-02/hel)

 

 




Tinggalkan Balasan

error: