Search
Rabu 8 April 2020
  • :
  • :

Kades Buntu Pane Manfaatkan Dana Desa Bangun Insfrastruktur

Starberita – Asahan, Anggaran Dana Desa yang dikucurkan Pemerintah Pusat saat ini merupakan suatu berkah bagi desa. Dengan dana tersebut, seorang Kepala Desa dengan perangkatnya dapat melakukan suatu upaya terencana sebagai proses menuju perubahan untuk menjadikan desa mereka keadaan yang lebih baik.

Selain itu manfaat adanya dana desa yang mereka terima setiap tahunnya dapat menjadi indikator perubahan dalam membangun insfrastruktur desa untuk mencapai masyarakat yang adil, makmur dan sejahtera.

Hal itu dikatakan Kepala Desa Buntu Pane Manten Aperi Simbolon saat ditemui andalas dilokasi kegiatan pembangunan jalan di 2 dusun sepanjang 996 meter, kemarin. Peningkatan jalan tersebut berada di dusun IA Sambahuta dan Dusun IB Sambahuta Desa Buntu Pane Kec. Buntu Pane dengan jumlah anggaran untuk kedua dusun Rp.574 juta. Dengan rincian dusun IB volume kegiatan sepanjang 496 meter lebar 3 meter anggaran kegiatan sebesar Rp. 276.811.200, Untuk dusun IB sepanjang 500 meter lebar 3 meter anggaran kegiatan sebesar Rp.297.241.260 sumber dana dari Dana Desa tahun 2019.

“Kedua dusun tersebut akan ditingkatkan infrastruktur jalannya dari pengerasan menjadi Lapisan Penetrasi (lapen), dengan tujuan kedepannya selain dapat ditingkatkan menjadi hotmix sesuai kebutuhannya, juga dapat berpengaruh dengan kondisi perekonomian warga” ujar Manten.

Lebih jauh Manten berpandangan, semakin membaiknya sarana infrastruktur disetiap desanya, maka akan semakin baik. “Karena penduduk yang tinggal di kedua dusun saat ini sebanyak 400 Kepala Keluarga (KK) tergolong masyarakat berpenghasilan rendah. Sehingga dengan adanya peningkatan infrastruktur di dusun tersebut dapat memacu perekonomian warga kearah yang lebih baik,” tutupnya.

Warisno (47) merupakan warga setempat ketika ditemui andalas dilokasi kegiatan, mengatakan, jangankan dirinya warga dusun ini jika ditanyai satu persatu akan merasa senang dengan adanya perbaikan jalan disepanjang jalan utama dusun mereka. Hal ini akan berdampak pada ramainya pengguna jalan tersebut bukan saja warga setempat melainkan warga diluar dusun, dan hal ini dapat berpotensi meningkatkan pendapatan warga.

“Dampak semakin membaiknya infrastruktur jalan terutama di dusun tersebut biasanya akan menimbulkan perubahan. Diharapkan perubahan dimaksud memiliki dampak positif bagi kehidupan warga sekitarnya,”ungkap salah seorang guru SDN diwilayah Buntu Pane tersbut. (sbc-05/drh)




Tinggalkan Balasan

error: