Warning: Cannot modify header information - headers already sent by (output started at /home/starberi/public_html/index.php:8) in /home/starberi/public_html/wp-content/plugins/post-views-counter/includes/counter.php on line 246
Starberita.com | Cepat & Akurat – Pansel: Sektor Pencegahn Jadi Isu Penting Buat KPK ke Depan
Search
Selasa 16 Juli 2019
  • :
  • :

Pansel: Sektor Pencegahn Jadi Isu Penting Buat KPK ke Depan

Starberita – Jakarta, Anggota Panitia Seleksi (Pansel) Calon Pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi ( KPK), Hendardi mengatakan, sektor pencegahan menjadi isu penting bagi perjalanan KPK ke depan. Hal itu bisa menjadi perhatian semua pihak yang berniat mendaftar sebagai calon pimpinan lembaga antirasuah itu.

“Isu pencegahan menjadi isu yang penting di dalam KPK ke depan, ini untuk menjadi perhatian calon,” kata Hendardi, dalam diskusi publik di Fakultas Hukum Universitas Brawijaya, Kota Malang, Rabu (19/6/2019).

Hendardi mengatakan, sektor pencegahan menjadi penting bukan berarti pimpinan KPK selama ini gagal memaksimalkan sistem pencegahan. Menurutnya, setiap periode memiliki fokus kinerja tertentu. Sehingga, ketika penindakan sudah dianggap maksimal, pekerjaan berikutnya ada bagaimana mencegah korupsi terjadi melalui sistem pencegahan itu.

“Setiap periode kan punya kepentingan, punya aksentuasinya masing-masing. Dalam waktu lalu mungkin kepentingan adalah memberikan semacam gertak. Karena itu OTT-OTT atau penangkapan, penahanan, menjadi suatu yang penting,” ujar dia.

“Tapi, pada masa sekarang mungkin semangatnya lebih pada bagaimana mencegah itu. Mencegah korupsi terjadi. Setiap periode punya kepentingannya,” imbuh dia.

Wawan Sujatmiko dari Transparency International Indonesia (TII) menilai, kinerja KPK di sektor penindakan sudah cukup baik. Namun, masih belum maksimal di sektor pencegahan dan penyerapan anggaran. Ketua Dewan Pengurus Malang Corruption Watch (MCW) Lutfi J Kurniawan mengungkapkan hal yang sama. Menurutnya, KPK semestinya juga memaksimalkan dalam perbaikan sistem dan pencegahan korupsi. (sbc-03/pas)




Tinggalkan Balasan

error: