Search
Minggu 31 Mei 2020
  • :
  • :

Ini 5 Kandidat Peraih Trofi Ballon d’Or 2019

Starberita – Jakarta, Peraih trofi Ballon d’Or 2019 baru akan diumumkan medio Desember tahun ini. Akan tetapi, sudah terbayang siapa saja nominasi peraih trofi berbentuk bola emas tersebut. Jika ukurannya peraih trofi Ballon d’Or dalam lima tahun terakhir, personel Liverpool paling berpeluang keluar sebagai pemenang.

Sebab, dalam lima tahun terakhir, peraih trofi Ballon d’Or adalah pemain yang membawa sang klub finis sebagai kampiun Liga Champions. Kebetulan di musim 2018-2019, Liverpool yang menjadi jawara Liga Champions setelah menang 2-0 atas Tottenham Hotspur di partai puncak. Lantas, siapa saja kandidat peraih trofi Ballon d’Or 2019?

Berikut 5 kandidat peraih trofi Ballon d’Or 2019:

  1. Sadio Mane (Liverpool)

Mane menjalani musim terbaiknya bersama Liverpool. Dari 50 penampilan di semua kompetisi, winger berpaspor Senegal itu mengoleksi 26 gol dan lima assist, Bahkan di Liga Inggris 2018-2019, Mane keluar sebagai top skor setelah mencetak 22 gol.

Peran Mane bersama Liverpool di Liga Champions 2018-2019 pun cukup besar. Salah satunya terlihat saat Mane mencetak dua gol ketika Liverpool menang 3-1 atas Bayern Munich di kandang lawan pada leg II babak 16 besar.

  1. Mohamed Salah (Liverpool)

Jangan pernah ragukan kualitas Mohamed Salah. Dalam dua musim terakhir, Salah finis sebagai top skor Liga Inggris. Di Liga Champions musim ini, winger berambut kribo itu juga keluar sebagai top skor tim dengan koleksi lima gol.

Salah satu gol bahkan dicetak Salah saat Liverpool menang 2-0 atas Tottenham di partai puncak. Karena itu, suatu kesalahan jika mencoret nama winger 26 tahun itu dari daftar kandidat peraih trofi Ballon d’Or 2019.

  1. Cristiano Ronaldo (Juventus)

Ronaldo memang gagal membawa Juventus berjaya di Liga Champions. Perjalanan Juventus terhenti di perempatfinal setelah disingkirkan Ajax Amsterdam. Meski begitu, perihal catatan individu dan raihan trofi, Ronaldo terhitung sukses di sepanjang 2019 ini.

Ayah empat anak tersebut tercatat mengoleksi 28 gol dan 13 assist dari 43 penampilan. Catatan itu terhitung memukau, mengingat Ronaldo sudah tak muda lagi (34 tahun). Tidak sampai di situ, Ronaldo juga total meraih tiga trofi tahun ini yakni Liga Italia dan Piala Super Italia bersama Juventus, serta UEFA Nations League bareng Portugal.

  1. Lionel Messi (Barcelona)

Messi memang hanya meraih satu trofi bersama Barcelona musim ini, tepatnya Liga Spanyol. Akan tetapi, langkah Barcelona di kompetisi 2018-2019 terhitung impresif, yang mana menembus semifinal Liga Champions dan melaju hingga final Copa del Rey.

Selain itu, La Pulga –julukan Messi– juga mentereng di level individu. Messi meraih trofi sepatu emas Eropa setelah mencetak 36 gol dari 34 penampilan di Liga Spanyol 2018-2019. Jika dihitung di semua ajang, Messi mengoleksi 51 gol dan 22 assist dari 50 penampilan.

  1. Virgil van Dijk (Liverpool)

Van Dijk paling dijagokan merebut trofi Ballon d’Or 2019. Bek berpaspor Belanda itu membuat pertahanan Liverpool tampil kukuh di sepanjang musim 2018-2019. Ambil contoh di Liga Inggris 2018-2019, gawang Liverpool hanya kemasukan 22 kali. Catatan itu merupakan yang terbaik bagi Liverpool, terhitung sejak era Liga Primer Inggris pada 1992-1993.

Peran Van Dijk juga terlihat di ajang Liga Champions. Pemain yang identik dengan rambut kuncirnya itu sempat mematikan pergerakan Messi di leg II semifinal Liga Champions 2018-2019. Begitu juga di partai puncak saat bertemu Tottenham, Van Dijk membuat Harry Kane mati kutu dan beberapa kali membuat Son Heung-min pontang-panting.

Selain kukuh dalam bertahan, eks pemain Glasgow Celtic itu juga dapat diandalkan membantu serangan. Terbukti, Van Dijk mengoleksi enam gol dan empat assist dari 50 penampilan bersama Liverpool musim ini. Jika meraih trofi Ballon d’Or 2019, Van Dijk akan mengikuti Franz Beckenbauer dan Fabio Cannavaro, pemain belakang yang sanggup merebut gelar berbentuk bola emas. (sbc-02/okz)

 




Tinggalkan Balasan

error: