Search
Minggu 16 Juni 2019
  • :
  • :

Cegah Penyakit Jantung Lewat 4 Kebiasaan Ini

jantungStarberita – Jakarta, Riset Kesehatan Dasar (RISKESDAS) tahun 2018 menyebut bahwa sebesar 1,5% penduduk Indonesia menderita sakit jantung. Pada tahun 2001, proporsi kematian yang disebabkan oleh penyakit tersebut di Indonesia berkisar 26,3%, dan dikategorikan sebagai penyebab kematian yang paling utama.

Mengetahui bahwa penyakit jantung terus menghantui, segera bentengi diri Anda. Cara yang bisa dicoba adalah mengubah kebiasaan yang dilakukan sehari-hari menjadi lebih sehat lagi. Jadi, yang harus Anda lakukan untuk mencegah penyakit jantung adalah sebagai berikut:

·         Berhenti merokok

Berdasarkan RISKESDAS, konsumsi rokok di Indonesia kian meningkat. Anda salah satu orang yang berkontribusi pada tingginya angka tersebut? Jika ya, sebaiknya segera hentikan kebiasaan merokok sejak saat ini.

Penyakit jantung sangat dipengaruhi oleh berapa lama seseorang merokok dan jumlah rokok yang dihisap setiap harinya. Jadi, dengan mengurangi rokok hingga benar-benar terbebas darinya, Anda turut menekan terjadinya risiko penyakit jantung.

Berdasarkan pedoman Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) yang dicanangkan oleh Kementerian Kesehatan, cara berhenti merokok dapat dilakukan dengan berhenti seketika, menunda waktu untuk memulai merokok, atau mengurangi jumlah rokok yang dihisap setiap harinya.

·         Turunkan kolesterol jahat

Jumlah kolesterol jahat alias low-density lipoprotein (LDL) yang terlalu tinggi di dalam tubuh dapat menyebabkan penyumbatan pembuluh darah. Jika hal ini terjadi berkelanjutan, risiko terjadinya penyakit jantung, serangan jantung, dan strok akan meningkat berlipat ganda.

Karenanya, jika Anda tak ingin berakhir dengan berbagai penyakit mengerikan, turunkan kadar kolesterol jahat di dalam tubuh hingga berada di bawah 100 mg/dL. Misalnya dengan menghindari makanan tinggi lemak seperti daging, santan, kuning telur, mentega, dan gorengan. Sebagai gantinya, konsumsilah makanan yang baik untuk kesehatan pembuluh darah dan jantung, seperti kacang-kacangan, ikan, alpukat, dan minyak zaitun. Jangan lupa juga untuk berolahraga secara rutin dan teratur, dengan durasi 30 menit sehari sebanyak lima kali seminggu.

·         Kontrol tekanan darah

Tekanan darah yang cenderung tinggi dapat memperberat kerja jantung, yang bisa berujung pada timbulnya penyakit jantung. Supaya tidak berakhir pada kondisi tersebut, Anda wajib mengurangi atau menghindari makanan yang tinggi garam. Sebaliknya, konsumsilah makanan yang sehat dan kaya serat seperti sayur dan buah-buahan.

·         Dapatkan berat badan ideal

Anda yang obesitas atau kegemukan wajib menurunkan berat badan ke rentang ideal jika tak ingin menderita sakit jantung. Untuk memiliki berat badan ideal, Anda wajib rutin berolahraga, mengonsumsi makanan sehat dan bergizi seimbang, mengelola stres dengan baik, dan memiliki tidur yang berkualitas setiap hari. (sbc-02/kdc)

 




Tinggalkan Balasan

error: