Warning: Cannot modify header information - headers already sent by (output started at /home/starberi/public_html/index.php:8) in /home/starberi/public_html/wp-content/plugins/post-views-counter/includes/counter.php on line 246
Starberita.com | Cepat & Akurat – Penderita Diabetes, Jangan Makan Nasi Panas Ya!
Search
Jumat 18 Oktober 2019
  • :
  • :

Penderita Diabetes, Jangan Makan Nasi Panas Ya!

Starberita – Jakarta, Menjaga pola makan dan asupan apa saja yang masuk kedalam tubuh adalah hal penting yang harus diperhatikan penderita diabetes. Jika asal mengonsumsi makanan, bisa terjadi hal yang paling tidak diinginkan. Kadar gula darah dalam tubuh meningkat secar tiba-tiba misalnya. Hal ini tentunya dapat mengganggu aktivitas sehari-hari.

Makanan yang paling harus dihindari oleh penderita diabtes adalah makanan manis dengan kadar gula yang tinggi. Seperti kue, coklat, minuman kemasan, dan masih banyak lagi. Tetapi, faktanya tidak hanya makanan dengan gula tambahan saja yang perlu dihindari. Asupan makanan dengan kandungan gula alami seperti nasi pun perlu diperhatikan.

Padahal, nasi merupakan makanan pokok bagi masyarakat Indonesia. Nasi digunakan untuk mengisi kebutuhan korbohidrat utama bagi tubuh. Disandingkan dengan lauk dan sayur, hingga daging, nasi menjadi tidak bisa dihindari. Terutama jika mengonsumsinya dengan nasi panas, makan bisa menambah selera.

Sayangnya, masalah nasi ini tampaknya masih belum banyak yang tahu jika akan berdampak buruk bagi penderita diabetes. Terutama nasi dalam keadaan panas atau hangat.

Dampak Makan Nasi Panas pada Diabetes

Dalam satu piring nasi yang panas terkandung glukosa yang lebih tinggi bila dibandingkan dengan nasi yang sudah dingin. Pada nasi panas, glukosa tersebut memiliki struktur yang longgar.

Nasi panas tersebut jadi terserap lebih cepat oleh tubuh. Penyerapan yang cepat ini bukanlah suatu hal yang baik. Karbohidrat yang mudah dicerna akan diubah menjadi gula dan beredar dalam pembuluh darah untuk menjadi sumber energi bagi sel-sel tubuh.

Biasanya, pankreas akan memproduksi insulin agar gula bisa diserap oleh tubuh. Namun, pada makanan seperti nasi panas, gula sangat cepat terserap ke dalam darah. Lonjakan gula dalam darah ini membuat pankreas bekerja lebih keras.

Jika terjadi terlalu sering, pankreas menjadi kurang efisien dalam memproduksi insulin. Sehingga gula terserap begitu saja oleh tubuhmu. Hal tersebut terjadi karena nasi panas memiliki indeks glikemik yang lebih tinggi jika dibandingkan nasi dingin.

Indeks glikemik sendiri merupakan pengukur seberapa cepat makanan menaikkan gula darah. Indeks glikemik nasi dingin yang ;ebih rendah membuat karbohidrat lebih lama dicerna oleh tubuh sehingga tidak menaikan kadar gula darah dengan cepat. Semakin tinggi kandungan karbohidrat yang sulit atau lama dicerna, maka semakin rendah pula kalori dari makanan tersebut.

Selain itu, nasi dengan indeks glikemik yang tinggi ini tidak hanya dapat memicu penyakit diabetes dalam jangka panjang lho Gengs. Beberapa penelitian juga mengaitkan indeks glikemik tinggi dapat memicu penyakit jantung, obesitas, dan beberapa jenis kanker.

Dampak Makan Nasi Panas pada Penderita Diabetes

Direktur pelaksana HPB (Health Promotion Board) Singpura, Zee Yoong Kang, mengatakan bahwa nasi khususnya nasi panas merupakan penyebab diabetes nomor 1 di Asia.

Nasi mengandung zat pati yang membebani tubuh dengan gula darah, dan meningkatkan risiko diabetes. Zee Yoong Kang bahkan mengatakan bahwa nasi lebih berpotensi menyebabkan diabetes dibandingkan dengan minuman bersoda yang manis.

Pernyataan in didukung dengan data dari Harvard Public Health. Riset mereka menyebutkan bahwa sepiring nasi panas yang dimakan setiap hari meningkatkan risiko diabetes hingga 11%. 

Nah Gengs, itulah dampak makan nasi panas pada penderita diabetes. Apalagi jika Kamu memiliki riwayat penyakit diabetes, maka bisa memicu kadar gula dalam tubuhmu meningkat secara tiba-tiba dan memicu kambuh.

Agar lebih aman, sebaiknya dinginkan terlebih dahulu maknanmu agar tidak beresiko bagi kesehatan. Perhatikan juga porsi nasi setiap Kamu makan ya! (sbc-02/gsc)

 




Tinggalkan Balasan

error: