Warning: Cannot modify header information - headers already sent by (output started at /home/starberi/public_html/index.php:8) in /home/starberi/public_html/wp-content/plugins/post-views-counter/includes/counter.php on line 246
Starberita.com | Cepat & Akurat – Awas, Ini Bahaya Kurang Minum Saat Berbuka & Sahur
Search
Minggu 20 Oktober 2019
  • :
  • :

Awas, Ini Bahaya Kurang Minum Saat Berbuka & Sahur

Starberita – Jakarta, Air merupakan komponen utama bagi organ vital, seperti otak, hati, dan jantung. Mengonsumsi banyak air putih baik untuk kesehatan tulang dan sel Anda. Karena sangat bermanfaat untuk tubuh, maka dianjurkan untuk mengonsumsi minimal dua liter air setiap harinya.

Jika kurang minum, gangguan pada sistem tubuh bisa terjadi. Bahkan, karena kurang minum bisa mengganggu aktivitas sehari-hari. Saat berpuasa, manusia pun tetap dianjurkan untuk minum yang cukup saat sahur dan berbuka.

Lantas dampak kesehatan apa saja yang ditimbulkan jika kita kurang mengkonsumsi air putih saat berpuasa?

Sembelit

Jika kurang mengonsumsi air putih selama puasa, jangan kaget jika tiba-tiba Anda mengalami masalah sembelit. Seperti diketahui, usus menjadi tempat tubuh membentuk kotoran. Dan usus besar, akan mengeluarkan banyak air untuk mempermudah keluarnya kotoran. Tapi, bila tidak ada cukup air dalam tubuh akan menyulitkan untuk membuang kotoran hingga menyebabkan sakit perut.

“Maka dari itu, selama menjalankan ibadah puasa, ada baiknya Anda mengonsumsi cukup air saat berbuka dan sahur,” kata dr. Irsan Hasan, SpPD-Kgeh.

Bau mulut

Kurang minum, juga bisa menyebabkan aroma napas tak sedap. Apalagi, ketika Anda berpuasa. Seperti diketahui, air membantu tubuh memproduksi saliva dalam jumlah cukup. Jadi, jika Anda kurang minum, produksi saliva juga akan berkurang.

Menurunnya kinerja otot

Kebutuhan air manusia berbeda-beda. Tapi yang pasti, sebagian tubuh manusia berisi cairan sebanyak 60 persen. Bahkan beberapa organ sangat tinggi kadar airnya, seperti otak dan ginjal.

Oleh karenanya, jika otak dan ginjal kekurangan air, tubuh akan terganggu. Dengan kurangnya asupan air, kandungan kalium dalam tubuh juga menurun hingga mengakibatkan lemas dan berujung lumpuh, hingga menyebabkan kerja otot terganggu.

Untuk itu dr. Irsan menyarankan agar Anda mengonsumsi air secukupnya sesuai kebutuhan tubuh.

“Kebutuhan air manusia berbeda-beda, kebutuhan air anak-anak dan orang dewasa berbeda. Dan yang harus diperhatikan lagi tempat kita bekerja. Jika di ruang ber-AC maka tubuh memerlukan air sebanyak-banyaknya,” katanya.

Untuk memenuhi kebutuhan air dalam tubuh, maka minumlah air putih dengan sadar. “Apa itu minum dengan sadar? Enggak haus tetap minum, enggak makan tetap minum. Mencukupi air setiap saat.”

Ia juga menyarankan, akan lebih baik menghindari minuman berkafein saat sahur dan berbuka seperti kopi dan teh. (sbc-02/vnc)

 




Tinggalkan Balasan

error: