Warning: Cannot modify header information - headers already sent by (output started at /home/starberi/public_html/index.php:8) in /home/starberi/public_html/wp-content/plugins/post-views-counter/includes/counter.php on line 246
Starberita.com | Cepat & Akurat – Tak Cuma Reumatik, Ini 5 Resiko Mandi Malam Hari!
Search
Selasa 15 Oktober 2019
  • :
  • :

Tak Cuma Reumatik, Ini 5 Resiko Mandi Malam Hari!

Starberita – Jakarta, Sibuk kerja atau beraktivitas di luar rumah, kadang membuat kita kadang pulang hingga larut malam. Akibatnya, ketika sampai di rumah kita pun memilih untuk langsung beristirahat, terkadang hingga melupakan mandi malam.

Meski demikian, ada juga sebagian orang yang merasa tidak nyaman jika tidak bersih-bersih. Mereka pun memilih untuk mandi meskipun sudah malam. Tapi, apa sih dampaknya mandi malam untuk kesehatan kita?

Sebagaimana dilansir dari Steemit, mandi di malam hari ternyata memiliki beberapa dampak negatif yang terjadi pada tubuh manusia, berikut 5 bahayanya:

  1. Reumatik

Peradangan sendi bisa terjadi ketika seseorang sering mandi di malam hari. Penyebab penyakit ini sendiri tidak begitu jelas, namun menurut para ahli, penyakit Reumatik disebabkan oleh kelainan genetik yang menyerang orang-orang yang produktif.

Namun jangan khawatir, penyakit ini tergolong tidak berbahaya. Jika Anda menderita Reumatik, dan memang harus mandi di malam hari, maka gunakanlah air hangat.

  1. Penuaan Dini

Ternyata mandi malam juga dapat mempercepat penuaan dini pada kita. Beberapa orang mengatakan bahwa tubuh manusia tidak akan kuat menerima stimulasi air dingin ketika mereka mandi di malam hari, karena akan menghasilkan peningkatan metabolisme pada tubuh.

Oleh karena itu, tubuh sangat membutuhkan pasokan kalori dan juga oksigen yang cukup tinggi untuk menstabilkannya.

  1. Asam Urat

Mandi malam dapat memicu sengaran gout atau merasakan sakit dan juga panas pada persendian terutama pada jari-jari kaki. Penyakit ini terjadi karena konsumsi zat purin yang besar dalam tubuh kita, sehingga kadar asam urat dalam tubuh akan meningkat.

Selain itu, mandi malam dapat membahayakan karena akan menyebabkan ginjal tidak mampu menampung atau membuang zat tersebut.

  1. Metabolisme Tubuh Terganggu

Jika sering mandi saat malam hari, Anda harus berhati-hati karena ini dapat mengganggu metabolisme tubuh. Pada malam hari, suhu tubuh kita cenderung mulai turun dan akan membutuhkan istirahat. Jika mandi dan pori-pori terbuka, maka air akan masuk ke tubuh kita dan menyebabkan gangguan pada hormon.

  1. Bisa Demam

Anda harus menyadari bahwa saat air dingin bersentuhan dengan pori-pori tubuh, maka panas tubuh akan mulai naik. Itu karena saat suhu tubuh panas laludi sirami air dingin, maka pori-pori yang terbuka ini akan membuat tubuh kita panas dan dingin seperti demam. (sbc-02/okz)

 

 




Tinggalkan Balasan

error: