Warning: Cannot modify header information - headers already sent by (output started at /home/starberi/public_html/index.php:8) in /home/starberi/public_html/wp-content/plugins/post-views-counter/includes/counter.php on line 246
Starberita.com | Cepat & Akurat – Sering Alami Masalah Kaki Pecah-pecah? Kenali Penyebabnya
Search
Selasa 23 Juli 2019
  • :
  • :

Sering Alami Masalah Kaki Pecah-pecah? Kenali Penyebabnya

Starberita – Jakarta, Kaki merupakan bagian tubuh yang paling sering digunakan namun seringpula diabaikan perawatannya. Kebanyakan orang hanya fokus merawat kulit wajah dan tubuh. Padahal, kaki  butuh pula perawatan ekstra.

Saat kaki tak pernah dirawat, seringkali timbul masalah kulit kaki pecah-pecah. Meskipun tidak memiliki efek samping yang serius, kondisi ini membuat penampilan kurang maksimal, bahkan tak jarang menimbulkan rasa tidak nyaman.

Sayangnya, penderita kaki pecah-pecah sering mengabaikan kondisi ini. Padahal kulit telapak kaki yang pecah-pecah bisa berujung infeksi penyakit.

Mengenai hal ini, dr Adinda FN, MD dari ZAP Clinic mengatakan ada banyak faktor yang menyebabkan kaki mudah pecah-pecah seperti iklim dan lainnya.

“Terjadinya pecah-pecah karena iklim yang dingin sehingga kelembabannya rendah. Bisa juga karena infeksi jamur, berdiri terlalu lama, berjalan tanpa alas kaki atau dengan sandal terbuka, dan bisa karena mandi terlalu lama dengan air panas,” katanya.

Selain itu, masalah kaki pecah-pecah juga bisa dipicu oleh ukuran sepatu yang tidak pas atau yang tidak mendukung tumit. Tapi jangan khawatir, ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi masalah kaki pecah-pecah. Salah satu yang bisa dilakukan, perwatan kaki secara intens di rumah.

“Anda dapat menyembuhkan kulit kaki yang pecah-pecah dengan pemakaian petroleum jellypada telapak kaki satu kali sehari pada malam hari. Bisa juga menggunakan krim kaki yang mengandung asam salisilat, alfa hidroksi, sakarida isometric untuk melembabkan dan menghaluskan kulit,” katanya.

Tak cuma itu, kaki juga perlu dilindungi dengan alas kaki yang tepat, yakni yang bisa memberikan perlindungan untuk tumit. Atau gunakan perban cair yang dapat digunakan untuk mengatasi iritasi yang lebih parah.

“Gunakan juga sabun yang lembut dan ringan agar tidak menghilangkan kelembaban di area kaki,” katanya. (sbc-02/vnc)

 




Tinggalkan Balasan

error: