Search
Rabu 22 Mei 2019
  • :
  • :

3 Cara Melindungi Tubuh agar Terhindar dari Cacar Monyet

Starberita – Jakarta, Penyakit cacar monyet yang pertama kali teridentifikasi di Singapura cukup menyita perhatian. Ada pun pasien yang terinfeksi adalah seorang perempuan berusia 38 tahun asal Nigeria yang baru tiba di negara tersebut pada April. Besar kemungkinan dirinya terkena cacar monyet lantaran memakan daging yang belum matang dan terinfeksi virus di negara asalnya.

Saat ini, perempuan tersebut tengah berada di bangsal isolasi National Center for Infectious Diseases (NCID) untuk penanganan. Kondisinya dilaporkan cukup stabil dan kerabat yang berada di sekitarnya juga tengah menjalani masa karantina. Hal ini dilakukan guna mencegah penyebaran cacar monyet.

Cacar monyet diketahui menyebar melalui daging hewan seperti tikus dan monyet. Sangat kecil kemungkinannya penyebaran terjadi antara manusia. Meskipun begitu, tentu kemungkinan tersebut tetap perlu diwaspadai. Terutama jika berada di sekitar orang yang terinfeksi penyakit.

Berdasarkan informasi, virus bisa saja menyebar melalui bersin maupun jabat tangan. Bahkan berbagi furnitur seperti meja dan kursi juga bisa menjadi peluang. Oleh karenanya kebersihan tangan adalah hal yang harus diperhatikan untuk mencegah terserangnya virus.

Usahakan untuk selalu mencuci tangan saat sedang beraktivitas. Terutama ketika hendak makan, sehabis memegang kotoran, dan setelah bepergian. Cucilah tangan menggunakan sabun antiseptik dan air mengalir. Jika tidak memungkinkan untuk melakukannya, pastikan selalu membawa tisu antiseptik atau hand sanitizer.

Selanjutnya, meskipun belum ada perawatan untuk mencegah terjadinya cacar monyet, mendapatkan vaksin cacar juga bisa menjadi pilihan. Biasanya vaksin tersebut dimanfaatkan untuk mencegah terjadinya penyakit cacar air. Namun lantaran virus cacar monyet dan cacar air berasal dari family yang sama, maka vaksin cacar dapat memberikan perlindungan parsial.

Kemudian, usahakan tidak berada di lingkungan yang lembap. Entah itu baju atau handuk yang digunakan serta furnitur yang ada di rumah. Virus sangat mudah berkembang di tempat-tempat yang tingkat kelembapannya tinggi. Pastikan untuk memakai busana yang kering atau menjemur furnitur. Cara itu dapat membunuh virus dan mencegah penyebaran cacar monyet. (sbc-02/okz)

 

 




Tinggalkan Balasan

error: