Search
Selasa 18 Juni 2019
  • :
  • :

Saat Buka Puasa Hindari 6 Jenis Makanan dan Minuman Ini

Starberita – Jakarta, Saat berpuasa, Anda tetap melakukan aktivitas normal dalam kondisi perut kosong. Jadi, wajar bila tubuh merasa lemas dan kurang bertenaga. Oleh karenanya, jangan jadikan buka puasa sebagai alasan untuk memilih sembarang makanan, tanpa menimbang jenis dan gizi makanan.

Untuk memulihkan kembali energi yang sudah hilang dari tubuh, konsumsilah makanan tinggi nutrisi dan baik pula untuk pencernaan.

Berikut adalah beberapa jenis makanan dan minuman yang harus dihindari ketika berbuka puasa.

·         Minuman berkarbonasi atau soda

Hindari minuman olahan dan berkarbonasi karena tinggi akan zat gula. Kandungan ini dapat meningkatkan risiko obesitas, serta perut kembung, sehingga menjadi faktor pencetus gangguan pencernaan.

Lebih baik minum air putih biasa atau air kelapa untuk memuaskan dahaga Anda selepas berpuasa. Usahakan perbanyak minum air saat sahur dan berbuka puasa untuk menjaga kestabilan kadar cairan tubuh.

·         Makanan tinggi gula atau terlalu manis

Makanan tinggi gula seperti es krim, permen dan cokelat harus dihindari karena mengandung kalori tinggi namun nilai gizinya kecil.  Makanan jenis ini turut berkontribusi terhadap kenaikan berat badan dan bisa menyebabkan masalah kesehatan jika dikonsumsi secara berlebihan setiap hari.

·         Makanan yang digoreng

Makanan berminyak ataupun yang digoreng seperti pangsit goreng, tahu goreng, samosa, kue kering dan kari berminyak, harus dihindari karena kandungan lemaknya, yang akan disimpan dalam tubuh sebagai jaringan lemak tubuh (adiposa).

Mengonsumsi makanan berlemak setelah berjam-jam puasa menyebabkan kondisi tubuh menjadi lebih asam. Akibatnya timbul gangguan pencernaan yang akan mengganggu puasa Anda.

·         Karbohidrat sederhana atau olahan

Makanan-makanan berjenis karbohidrat sederhana seperti gula, tepung putih, kue kering, donat, dan croissant, terlalu cepat dicerna oleh tubuh. Akibatnya Anda jadi lebih cepat lapar.

Belum lagi, makanan tersebut rendah nutrisi. Jenis karbohidrat sederhana tersebut jika dikonsumsi dalam jumlah banyak akan menyebabkan peningkatan gula darah yang memicu penyakit diabetes.

·         Makanan terlalu asin

Ketidakseimbangan kadar garam atau natrium dalam tubuh bisa membuat Anda lebih cepat haus saat puasa. Garam memiliki sifat mengikat lemak, sehingga di dalam darah akan terjadi peningkatan kadar kolesterol jahat yang signifikan.

Hal ini juga dapat menjadi pintu masuknya penyakit dislipidemia, jantung dan penyakit pembuluh darah lainnya. Jadi, hindarilah kacang asin, acar, keripik dan makanan yang mengandung garam ataupun penyedap rasa terlalu banyak.

·         Minuman mengandung kafein

Kopi mengandung kafein yang dapat menyebabkan insomnia dan kegelisahan. Selain itu, kafein justru membuat saluran kerongkongan menjadi kering, sehingga Anda akan cepat haus sepanjang hari selama berpuasa.

Selama berpuasa sebulan penuh hendaknya Anda selalu mempertahankan pola hidup sehat seperti makan yang bergizi baik, tidur yang cukup, serta olahraga yang rutin. Dengan demikian, imunitas tubuh bisa tetap terjaga, sehingga Anda bisa menjalankan ibadah puasa dengan baik, serta tercapai kesehatan jasmani dan rohani.

“Lapar mata” saat buka puasa di bulan Ramadhan memang biasa terjadi. Tapi ingat, jangan sampai Anda mengorbankan kesehatan hanya untuk kenikmatan sesaat. Ayo lebih bijak dalam memilih menu buka puasa dan sahur. (sbc-02/kdc)

 

 




Tinggalkan Balasan

error: