Search
Kamis 20 Juni 2019
  • :
  • :

Kepala Dusun XII Desa Pematang Sei Baru Terjaring OTT

Starberita – Kisaran, Kepala Dusun XII (Kadus) Desa Pematang Sei Baru Kec. Tanjung Balai Asahan, Ahmad Khazali terjaring operasi tangkap tangan (OTT) Polres Asahan terkait melakukan pungli surat tanah.

OTT tersebut terjadi di kediaman sang Kadus pada Rabu (8/5) 2019, di dusun XII Desa Pematang Sei Baru Kec. Tanjung Balai Kab. Asahan. Dari OTT tersebut Polres Asahan berhasil mengamankan barang bukti berupa uang tunai sebesar Rp.5.000.000, 1 (satu) buah buku kwitansi, 2 (dua) unit HP merek Nokia warna hitam, 1 (satu) buah surat keterangan tanah No.590/15/PSB/SKT/2019 tanggal 18 Januari 2019 atas nama Sultoni.

Hal itu diungkapkan Kapolres Asahan AKBP Faisal F Napitupulu SIK didampingi Kasat Reskrim AKP. Ricky Pripurna, dan Kanit Tipikor Polres Asahan Iptu Agus saat gelar Press Release di halaman Polres Asahan, Sabtu (11/5/2019).

Faisal menyebutkan, pada tanggal 8 Oktober 2018, Indra Susanto disuruh Sultoni mengurus surat tanah dan mengubah nama di surat tersebut menjadi Sultoni. Kemudian Indra Susanto bertemu Ahmad Khazali selaku Kepala Dusun dan ianya meminta uang sebesar Rp.7.000.000 untuk pengurusan surat tanah dimaksud. Namun Indra Susanto menawar harga yang telah ditetapkan oleh Ahmad Khazali.

Kemudian sang Kadus XII menanyakan prihal harga pengurusan tanah kepada Kepala Desa yang bernama Hermansyah Putra, sehingga ditetapkan harga sebesar Rp.6.000.000 untuk proses pengurusannya. Kemudian tanggal (19/5), Indra Susanto di SMS oleh Kepala Desa bahwa surat tanah tersebut sudah selesai dan dititipkan kepada Ahmad Khazali.

Selanjutnya tanggal (8/5), Indra Susanto mengambil surat tanah tersebut di rumah Ahmad Khazali, Kadus Ahmad Khazali meminta uang kepada Indra Susanto sebesar Rp.5.000.000. Disinilah proses OTT tersebut dilakukan Polres. “Selain Ahmad Khazali, saat ini juga sedang dilakukan pemeriksaan terhadap Kepala Desa Pematang Sei Baru terkait keterlibatannya pungli kepengurusan surat tanah yang sudah berlansung lama”, beber mantan Kapolres Nisel tersebut.

“Beliau juga menambahkan pasal yang dipersangkakan terhadap Kadus Ahmad Khazali pasal 368 KUHP atu pasal 12 huruf e subs dari UU RI No. 20 tahun 2001 tentang perubahan atas UU RI No.31 tahun 1999 tentang pemberantasan tindak pidana korupsi Jo 55 dari KUHPidana”.

Selain menggelar Press Release OTT Kepala Dusun, Polres Asahan juga merelease Tindak pidana penipuan dan penggelapan, serta Perjudian jenis Leng terjadi pada Kamis (2/5) 2019 sekira pukul 00.15 wib di dusun II Desa Sukadamai Kec. Pulo Bandring tepatnya dalam warung. Dari ke enam tersangka yang diamankan, satu diantaranya Kepala Desa Urung Pane Kec. Pulo Bandring Misnan. Pasal yang dipersangkakan terhadap ke enam pelaku judi leng yang saat ini sudah dibebaskan namun kasusnya tetap dilanjutkan ke meja hijau dipersangkakan pasal 303 subs 303 bis dari KUHPidana. (sbc-05/drh)




Tinggalkan Balasan

error: