Warning: Cannot modify header information - headers already sent by (output started at /home/starberi/public_html/index.php:8) in /home/starberi/public_html/wp-content/plugins/post-views-counter/includes/counter.php on line 246
Starberita.com | Cepat & Akurat – Bolehkah Donor Darah Saat Puasa?
Search
Jumat 23 Agustus 2019
  • :
  • :

Bolehkah Donor Darah Saat Puasa?

Starberita – Jakarta, Bulan Ramadhan menjadi bulan yang paling dinanti oleh muslim di seluruh belahan dunia, termasuk di Indonesia. Berkebalikan dengan bahagia yang dirasakan, bulan puasa mungkin menjadi bulan yang paling membuat resah Palang Merah Indonesia dan mereka yang butuh transfusi darah karena sepinya donor darah saat puasa.

Bagaimana tidak, biasanya stok darah menjelang bulan puasa semakin menipis. Bahkan golongan darah yang terbilang jarang seperti AB berpotensi kosong sama sekali di bank darah. Hal ini terjadi karena banyak yang beranggapan donor darah saat berpuasa tidak diperbolehkan. Bagaimana kebenarannya dari sudut pandang medis?

Prosedur donor darah

Bagi mereka yang sudah rutin mendonorkan darahnya, tentu aktivitas yang satu ini bukan benda asing lagi. Namun, bagi yang baru pertama kali akan melakukan donor darah, tahapan donor wajib menjadi perhatian.

Di awal, sang calon pendonor akan diperiksa fisiknya terlebih dahulu. Pemeriksaan fisik ini bertujuan untuk mengevaluasi berat badan, kondisi umum kesehatan dan juga tekanan darah. Setelah itu, dilakukan pengambilan sedikit darah dari ujung jari untuk mengetahui kadar hemoglobinnya.

Seluruh hasil pemeriksaan ini wajib ada pada kisaran normal. Oleh karena itu, sebelum donor darah, seorang calon pendonor disarankan untuk menjaga betul kesehatannya dengan beristirahat cukup, makan makanan bergizi dan cukup minum air putih. Hal inilah yang kemudian menjadi dasar banyaknya muncul larangan donor darah bagi seseorang yang sedang menjalani puasa.

Saat puasa, cadangan air dalam tubuh akan berkurang. Nutrisi pun belum tentu sepenuhnya memadai. Pengambilan darah sejumlah 250-350cc saat donor darah dikhawatirkan dapat memengaruhi kondisi kesehatan sang pendonor dan ditakutkan akan membahayakan fisiknya. Kenyataannya, pendapat ini tidak sepenuhnya benar.

Donor darah saat puasa

Pada dasarnya, mendonorkan darah selama berpuasa aman dilakukan oleh orang yang sehat. Akan tetapi, memang ada beberapa hal yang perlu lebih diperhatikan saat donor darah selama puasa, salah satunya adalah pemilihan waktu.

Saat bulan puasa, donor darah sebaiknya dilakukan pada pagi hari di mana kondisi tubuh masih cukup fit dan cadangan air dalam tubuh masih memadai. Sebaliknya, donor darah di siang dan sore hari sebaiknya dihindari mengingat pada waktu-waktu ini biasanya orang-orang sudah banyak beraktivitas, sehingga cadangan energi serta cairan tubuh sudah jauh berkurang.

Salah satu yang dapat terjadi bila donor dilakukan pada siang dan sore hari adalah penurunan tekanan darah dan keluhan pusing. Tentu dua kondisi ini dapat sangat mempengaruhi kelancaran ibadah puasa di hari itu.

Selain pemilihan waktu donor, persiapan fisik juga harus diperhatikan. Agar tetap sehat dan fit menjalani sisa waktu puasa di hari itu, pastikan porsi tidur malam sebelumnya sudah cukup untuk melakukan donor. Bagi orang dewasa, tidur malam yang dianggap cukup berdurasi 7-8 jam.

Setelah itu, asupan makanan dan air putih saat sahur juga wajib diperhatikan. Pilih menu makanan bergizi lengkap yang mengandung karbohidrat kompleks, protein, serat, buah, serta sayur agar dapat menjadu energi tubuh tetap stabil sepanjang hari.

Bila donor darah sudah direncanakan jauh hari, akan lebih baik lagi bila menu yang dikonsumsi adalah menu yang kaya akan zat besi seperti daging merah bebas lemak, telur, dan ikan. Juga tidak kalah penting adalah asupan air putih. Saat sahur, minum setidaknya 4-5 gelas air putih agar cadangan cairan dalam tubuh tetap memadai dan tidak mudah pusing setelah melakukan donor darah.

Dengan persiapan yang matang dan pemilihan waktu yang tepat, donor darah saat puasa tetap dapat dilakukan dengan aman. Jadi jangan ragu untuk mendonorkan darah Anda di bulan puasa Ramadhan. (sbc-02/kdc)

 




Tinggalkan Balasan

error: