Search
Selasa 14 Juli 2020
  • :
  • :

Pemkab Labuhan Batu Siap Bayar Hutang Pemekaran Daerah Rp.44 Miliar Ke Labura & Labusel

Starberita – Rantau Parapat, Plt.Bupati Labuhan Batu, Andi Suhaimi Dalimunthe menegaskan Pemkab Labuhan Batu siap melunasi utang sebagai kabupaten induk sebesar Rp.44 miliar terhadap Kabupaten Labura dan Labusel. Suhaimi mengatakan Pemkab Labuhan Batu harus membayar utang Rp.2 miliar setiap bulan, yakni Rp1 miliar untuk Pemkab Labura dan Rp1 miliar untuk Pemkab Labusel.

“Selama ini utang Pemkab Labuhanbatu belum dilaksanakan. Sejak Januari 2019, pihaknya (Pemkab Labuhan Batu-red) akan membayar utang-utang tersebut hingga lunas. Diperkirakan utang kepada kabupaten pemekaran akan lunas dalam waktu 2 tahun,” ucap Suhaimi saat ditemui usai menerima rombongan Tim Safari Ramadhan Pemprovsu 1440 H/2019 M di rumah Dinas Bupati Labuhan Batu, Jumat (10/5/2019).

Lebih jauh dikatakan Suhaimi bahwa hutang ini merupakan hutang pemekaran Kabupaten Labuhan Batu pada 10 tahun hingga 15 tahun yang lalu yang belum sempat dibayarkan sebagai kewajiban sebagai kabupaten induk.

“Kabupaten induk memiliki kewajiban membantu keuangan daerah sebesar Rp.20 miliar untuk setiap kabupaten. Karena dulunya, di wilayah Kabupaten Labuhan Batu dimekarkan menjadi Pemkab Labuhan Batu Utara dan Pemkab Labuhan Batu Selatan, maka total utang atau subsidi sebesar Rp.40 miliar,” jelasnya.

Oleh karenanya, kata Suhaimi, sekarang inilah Pemkab Labuhan Batu mengeksekusi utang tersebut meski membebani keuangan pemerintah daerah.

“Pada kesempatan inilah, kami mengharapkan Pemprovsu agar bisa membantu keuangan daerah sebesar Rp.24 miliar untuk meringankan beban keuangan Pemkab Labuhanbatu. Sehingga beban hutang kepada Kab. Labura dan Kab. Labusel bisa cepat diselesaikan,” pungkas Suhaimi.

Menyikapi hal tersebut, Sekdaprovsu, R. Sabrina mengatakan bahwa jajaran eselon II yang ikut dalam rombongan telah mencatat seluruh permintaan serta keluhan yang disampaikan Bupati Labuhan Batu.

“Para Kepala Dinas yang ikut dalam rombongan ini, sudah merekam dan mencatat apa yang disampaikan oleh Pak Plt.Bupati. Dan hal ini akan segera kami tindaklanjuti dan teruskan kepada Pak Gubernur, Edy Rahmayadi,” ucap Sabrina yang merupakan putri asli daerah Kab. Labuhan Batu. (sbc-05)




Tinggalkan Balasan

error: