Warning: Cannot modify header information - headers already sent by (output started at /home/starberi/public_html/index.php:8) in /home/starberi/public_html/wp-content/plugins/post-views-counter/includes/counter.php on line 246
Starberita.com | Cepat & Akurat – Ini Manfaat Puasa untuk Penderita Hipertensi
Search
Rabu 18 September 2019
  • :
  • :

Ini Manfaat Puasa untuk Penderita Hipertensi

Starberita – Jakarta, Selain merupakan ibadah yang harus dijalankan umat muslim, puasa juga memiliki beragam manfaat kesehatan, lho. Salah satu manfaat kesehatan itu adalah terhadap tekanan darah. Ternyata, ada manfaat puasa untuk penderita hipertensi.

Seperti yang kita ketahui, tekanan darah tinggi atau hipertensi sangat berkaitan dengan komplikasi berbagai penyakit mulai dari kesehatan jantung hingga stroke. Nah, puasa memiliki dampak positif terhadap beberapa risiko komplikasi tersebut. Inilah mangapa ada manfaat puasa untuk penderita hipertensi.

Manfaat Puasa untuk Penderita Hipertensi

Untuk tahu lebih jauh tentang manfaat puasa untuk penderita hipertensi, berikut penjelasannya!

Puasa Bisa Menurunkan Tekanan Darah

Peneliti dari Arbor Clinical Nutrition di Amerika Serikat melakukan penelitian pada 174 penderita hipertensi yang dirawat di rumah sakit. Semua pasien diwajibkan mengikuti puasa ketat hanya boleh minum air putih dan konsumsi sayuran serta buah dalam batasan tertentu selama 2 hari.

Penderita hipertensi harus menjalani puasa ketat tersebut hingga tekanan darahnya stabil. Setelah tekanan darahnya stabil, mereka diberikan diet vegan, yang hanya terdiri dari sayuran, buah, dan jus.

Hasilnya menunjukkan bahwa 89% penderita hipertensi tersebut mengalami penurunan berat badan (rata-rata 6.9 kg) dan penurunan tekanan darah (13/17 mm Hg). Penurunan berat badan dan tekanan darah terjadii ketika peserta penelsedang menjalani puasa ketat hanya boleh minum air putih dan mengonsumsi buah dan sayuran dalam batasan tertentu.

Penurunan tekanan darah terlihat paling signifikan pada penderita hipertensi yang tekanan darahnya sangat tinggi. Rata-rata dari mereka memiliki tekanan darah mencapai 194/96 mmHg, sebelum akhirnya bisa menurunkannya sebanyak 60/17 mm Hg.

Pada penderita hipertensi yang bisa melanjutkan puasa ketat tersebut selama beberapa hari, ditemukan bahwa manfaat puasa untuk penderita hipertensi bisa bertahan hingga 4 – 5 bulan kemudian.

Meskipun penderita hipertensi pada penelitian tersebut tidak menjalani puasa yang sama dengan yang dijalani ummat islam di bulan Ramadan, efeknya sama. Artinya, membatasi asupan makanan bisa menurunkan tekanan darah. Jadi, manfaat puasa untuk penderita hipertensi itu memang nyata.

Penelitian tersebut menunjukkan bahwa berpuasa dan mengontrol asupan makanan bisa menurunkan tekanan darah pada penderita hipertensi. Selaini itu, ahli juga meyakini bahwa ada faktor lain yang tetap bisa memengaruhi tekanan darah.

Faktor yang dimaksud salah satunya adalah stres. Menurut ahli, meskipun sudah berpuasa dan mengontrol asupan makanan, jika penderita hipertensi mengalami stres, maka tekanan darahnya tidak akan turun secara signifikan.

Yang Perlu Diperhatikan untuk Penderita Hipertensi yang Berpuasa

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan untuk penderita hipertensi yang selain berpuasa untuk beribadah, juga berpuasa untuk mengontrol tekanan darah dan menurunkan berat badannya:

Jangan menunda waktu berbuka puasa

Kalau sudah saatnya berbuka puasa, maka Kamu harus berbuka puasa. Pasalnya, tubuh membutuhkan energi setelah berjam-jam tidak memperoleh asupan makanan. Oleh sebab itu, berbukalah secara tepat waktu dan dengan menu yang sehat juga.

Jangan beraktivitas terlalu berat

Pastikan Kamu tidak melakukan aktivitas atau olahraga yang terlalu berat selama berpuasa. Pasalnya, melakukan aktivitas berat juga bisa menyebabkan stres pada tubuh maupun mental.

Kalaupun mau berolahraga, sebaiknya lakukan setelah berbuka puasa. Konsultasikan dengan dokter jenis olahraga yang bisa Kamu lakukan selama berpuasa. Pasalnya, untuk bisa merasakan manfaat puasa untuk penderita hipertensi, Kamu perlu menjalaninya dengan benar.

Intinya, meskipun penelitian menunjukkan adanya manfaat puasa untuk penderita hipertensi, Kamu tetap perlu berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter sebelum berpuasa.

Tanyakan makanan dan minuman apa yang perlu dikonsumsi dan dihindari saat berbuka puasa ataupun sahur. Selain itu, tanyakan juga aktivitas atau olahraga apa yang bisa Kamu lakukan selama berpuasa. (sbc-02/gsc)

 




Tinggalkan Balasan

error: