Warning: Cannot modify header information - headers already sent by (output started at /home/starberi/public_html/index.php:8) in /home/starberi/public_html/wp-content/plugins/post-views-counter/includes/counter.php on line 246
Starberita.com | Cepat & Akurat – Penderita Diabetes Boleh Makan Kurma & Gorengan Saat Puasa, Asal…
Search
Sabtu 19 Oktober 2019
  • :
  • :

Penderita Diabetes Boleh Makan Kurma & Gorengan Saat Puasa, Asal…

Starberita – Jakarta, Penderita diabetes harus berhati-hati dalam memilih makanan. Hal ini juga termasuk dalam memilih makanan untuk berbuka puasa dan sahur.

Namun masih banyak kabar kurang tepat tentang penderita diabetes yang tidak boleh mengonsumsi beberapa makanan terutama saat puasa. Salah satunya kurma, karena dianggap bisa mempercepat naiknya gula darah pada penderita diabetes.

Akibatnya, banyak penderita diabetes tidak diperbolehkan untuk mengonsumsi kurma. Namun hal itu dibantah oleh dr Dante Saksono Harbuwono, Sp-PD-KEMD, Phd.

“Boleh dikonsumsi, kurma punya fluktosa atau gula buah, yang punya keunggulan antioksidan tinggi baik untuk diabetes,” kata dia.

Fluktosa dalam kurma itu dapat dicerna dengan mudah dan mampu mengganti gula darah dengan cepat. Namun dia menyarankan untuk tetap mengonsumsi kurma sesuai takaran.

“Boleh dikonsumsi asal enggak berlebihan, cukup tiga butir,” ujar dia.

Selain itu, dia juga menepis anggapan bahwa penderita diabetes dilarang mengonsumsi gorengan saat sahur atau berbuka puasa. Dia menyebut, penderita diabetes boleh mengonsumsi gorengan, namun juga harus sesuai takaran.

“Boleh tapi jangan banyak. Makan gorengan memacu naiknya gula darah. Kandungan lemak dalam gorengan yang semakin tinggi dapat menyebabkan naiknya gula darah. Kalau pisang goreng ya satu, kalau sudah itu jangan tempe goreng lagi,” tutur Dante. (sbc-02/vnc)

 

 




Tinggalkan Balasan

error: