Search
Kamis 20 Juni 2019
  • :
  • :

Pansus LKPj Gubsu Sampaikan 26 Rekomendasi

Starberita – Medan, Panitia Khusus (Pansus) Laporan Keterangan Pertanggungjawaban Gubernur Sumatera Utara akhir tahun anggaran 2018 menyampaikan sebanyak 26 rekomendasi kepada Gubernur Sumut Edy Rahmayadi untuk ditindaklanjuti, dalam paripurna Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Sumut), Selasa (7/5/2019).

Ketua Pansus, Syamsul Qadri Marpaung dalam laporannya menyampaikan rekomendasi tersebut disampaikan untuk perbaikan penyelenggaraan pemerintah daerah, berupa catatan strategis, saran, masukan dan koreksi untuk Pemprovsu.

Di antara 26 rekomendasi yang disampaikan yakni, Pansus meminta agar Pemprovsu menyusun LKPj berpedoman pada indikator dan target yang ditetapkan berdasarkan RPJMD, meminta Pemprov su memberikan laporan dan evaluasi atas tanggapan dan tindak lanjut dari rekomendasi tersebut.

Gubsu juga direkomendasikan untuk memberlakukan penghargaan dan hukuman atas setiap kinerja aparatur negara, peningkatan pajak daerah, pendataan dan upaya pengimbauan terhadap wajib pajak kendaraan bermotor bersama pemkab/pemko.

“Pertumbuhan pajak daerah para LKPJ 2018 meningkat 8,21 persen dari LKPj 2017, atau bertambah sebesar Rp395 miliar lebih dari tahun sebelumnya yang sebagian besar dari pajak kendaraan bermotor. Bila dibandingkan dengan target APBD 2019, maka target pertumbuhan yang harus dikejar untuk pajak daerah 27,3 persen, artinya pertumbuhan pada LKPj 2018 masih teramat jauh dengan proyeksi yang ditargetkan,” katanya.

Untuk itu, Pansus merekomendasikan agar Pemprovsu melakukan upaya yang tidak biasa untuk mengejar target pertumbuhan pendapatan pajak daerah yang signifikan.

Rekomendasi lainnya, yaitu penggalian potensi pajak APU, membangun sistem pelaporan terbuka yang dapat diakses secara luas oleh publik, pengelolaan aset yang baik, pembenahan kinerja BUMD yang lebih komprehensifdan konsisten dan lainnya.

Wakil Gubernur Sumut, Musa Rajekshah dalam sambutannya mengucapkan terima kasih kepada pansus LKPj dan DPRDSU yang telah bekerja membahas LPKj Gubsu. Dari catatan yang disampaikan pansus, lanjutnya, menunjukkan banyak yang perlu diperbaiki dalam penyelenggaraan pemerintahan daerah.

“Saya ucapkan terima kasih kepada pansus sehingga melahirkan rekomendasi untuk Pemprovsu. Saran yang disampaikan memerlukan kebijakan kita semua. Masih terdapat program pemerintah yang belum mencapai target,” katanya.

Langkah perbaikan akan ters ditingkatkan, kekurangan akan diperbaiki dan roda pemerintahan yang berjalan harus menggunakan prinsip transparansi dan akuntabilitas. Wagub mengatakan pihaknya akan segera menindaklanjuti rekomendasi yang disampaikan pansus dan akan diteruskan ke instansi terkait. (sbc-03)




Tinggalkan Balasan

error: