Warning: Cannot modify header information - headers already sent by (output started at /home/starberi/public_html/index.php:8) in /home/starberi/public_html/wp-content/plugins/post-views-counter/includes/counter.php on line 246
Starberita.com | Cepat & Akurat – Waduh, Baru Diresmikan Tembok Pasar Kampung Lalang Roboh. Ini Kata Komisi III
Search
Selasa 15 Oktober 2019
  • :
  • :

Waduh, Baru Diresmikan Tembok Pasar Kampung Lalang Roboh. Ini Kata Komisi III

Starberita – Medan, Sekretaris Daerah Kota Medan, Wiriya Alrahman, Sabtu (27/4/2019) meresmikan gedung baru Pasar Kampung Lalang. “Dengan dibukanya Pasar Kampung Lalang ini, dapat menjadi pasar yang representatif bagi warga Kota Medan dalam melakukan transaksi jual beli kebutuhan pokok sehari-hari,” harap Sekda.

Tak lama diresmikan, tembok salah satu terbesar di Kota Medan roboh, sehingga mengundang sejumlah pertanyaan. Anggota Komisi III DPRD Kota Medan, Jangga Siregar, meminta PD Pasar selaku pengelola agar segera membereskan permasalahan itu, sebab kennyamanan pedagang dan pembeli harus diutamakan.

Menyikapi robohnya tembok di Pasar Kampung Lalang (27/4) lalu, Anggota Komisi C Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Medan Jangga Siregar meminta PD Pasar segera membentuk tim untuk menyelidikinya.

“Apakah roboh karena pengerjaannya yang tak sesuai bestek atau memang sengaja dirusak,” ujar Jangga Siregar, menjawab wartawan di Medan, Kamis, (2/5/2019).

Jangga menilai, keberadaan tim  itu penting, semua pihak bisa mengetahui penyebab robohnya tembok tersebut.

“Jadi, tim yang dibentuk bisa menyelidiki apakah sengaja dirusak atau murni roboh. Jika dirusak, PD Pasar segera buat laporan ke kepolisian. Tapi kalau karena bangunan tak sesuai, kontraktor harus bertanggungjawab. Apalagi saat ini masih dalam tahap pemeliharaan,” katanya.

Menurut Jangga, kenyamanan pedagang dan pembeli harus diutamakan di areal pasar. Apalagi, katanya, pada bulan Ramadhan hingga Hari Raya Idul Fitri, lonjakan pengunjung dipastikan akan naik berkunjung di pasar. “Makanya, kenyamanan pedagang dan pembeli itu harus prioritas,” katanya.

Sementara Ketua Persatuan Pedagang Pasar Kampung Lalang, Erwina Pinem, menjelaskan bagian dinding yang roboh merupakan bagian luar basement, sehingga dikhawatirkan areal sekitar dinding roboh tersebut rawan longsor.

“Basement sudah menganga. Dinding yang disebelahnya juga bakal roboh juga. Rawan longsor disitu,” ujar Erwina kepada wartawan.

Ditanya penyebab dinding roboh, Erwina, menduga bangunan tak sesuai dengan perencanaan, karena banyak juga dinding di bagian lain yang retak.

“Itu disebelah kanan parit belum dibersihkan, aliran air masih nyatu dengan dinding. Menurut kami gedung itu belum dianggap bagus, karena disebelah kiri juga ada tiang yang retak di lantai 2,” ungkapnya.

Agar tak terjadi kerusakan lebih lanjut yang bisa timbukan korban jiwa, Erwina, meminta ahli diturunkan untuk meninjau bangunan tersebut.

“Kami meminta ditinjau ulanglah, ahli harus turun dan mengkaji agar tak terjadi korban jiwa, apakah itu tak standart atau gimana, jangan asal jadi bangunan itu,” jelasnya.

Erwina mengatakan, pihaknya sudah berencana menanyakan hal tersebut kepada PD Pasar dan Pemko Medan. Dirinya juga berharap agar kejadian tersebut tak terjadi lagi. (sbc-02)

 

 




Tinggalkan Balasan

error: