Warning: Cannot modify header information - headers already sent by (output started at /home/starberi/public_html/index.php:8) in /home/starberi/public_html/wp-content/plugins/post-views-counter/includes/counter.php on line 246
Starberita.com | Cepat & Akurat – Ini 8 Tips Hadapi Gejala Rematik yang Sering Kumat
Search
Selasa 15 Oktober 2019
  • :
  • :

Ini 8 Tips Hadapi Gejala Rematik yang Sering Kumat

Starberita – Jakarta, Gejala rematik memang sering muncul tanpa diketahui. Tanda-tanda ini pun sering terasa ketika Anda berada di kantor dan hal tersebut ngganggu produktivitas hari itu. Nah, lalu bagaimana mengatasi gejala rematik yang kumat di kantor?

Cara mengatasi gejala rematik di kantor

Selain mengganggu pekerjaan, seringkali gejala ini melibatkan orang sekitar dan tanpa disadari merepotkan mereka. Oleh karena itu, alangkah baiknya Anda mempersiapkan apapun mengenai gejala rematik di kantor.

1. Mengatur ruang kerja

Salah satu cara untuk mengatasi gejala rematik di kantor adalah mengatur ruang kerja. Hal tersebut dikarenakan sebagian besar waktu Anda akan dihabiskan di sana.

Oleh karena itu, cara ini bisa mengurangi tegang pada sendi dan membuat tubuh Anda dalam posisi yang lebih santai. Berikut hal-hal yang harus diperhatikan pada saat Anda mengatur ruang kerja.

1. Kursi

Pilihlah kursi yang menyokong punggung bawah Anda dan memiliki sandaran tangan. Selain itu, kursi yang memiliki roda akan mengurangi gerakan Anda pada siang hari. Misalnya, ingin membuang sampah atau menanyakan sesuatu kepada rekan kerja bisa dilakukan dengan kursi tersebut.

2. Posisi layar komputer, keyboard, dan mouse

Letakkan keyboard dan mouse berdekatan dan pastikan kedua barang tersebut memiliki ketinggian yang sama. Jangan lupa untuk mengatur ketinggian posisi layar komputer agar setara dengan mata Anda. Jaraknya bisa diukur dengan merentangkan tangan Anda yang terkepal, sehingga bisa mengurangi gejala rematik.

2. Menggunakan alat-alat yang membantu

Pada saat Anda bekerja, terutama dengan komputer, sebisa mungkin untuk tidak selalu menggunakan mouse Anda. Bagi beberapa orang yang mengalami gejala rematik, penggunaan mouse terkadang membuat sendi mereka tegang.

Nah, manfaatkan teknologi pengenalan suara (voice recognition) pada komputer Anda. Apabila Anda kurang mengerti cara memakainya, gantilah keyboard sesuai dengan kenyamanan dan selera Anda.

3. Olahraga di kantor

Biasanya, perusahaan-perusahaan tertentu mengadakan kegiatan olahraga bersama setiap minggu. Usahakan untuk mengikutinya karena olahraga bisa meningkatkan tenaga dan kekuatan Anda. Selain itu, apabila jarak antara rumah dan kantor tidak begitu jauh, menggunakan sepeda ke kantor adalah alternatif yang bagus untuk berolahraga. Tidak lupa untuk membawa air minum dan memakan makanan sehat saat di kantor. Hal ini menjadi tips ampuh mengatasi gejala rematik

4. Beritahu atasan Anda

Pengaturan ruang kerja dan alat bantu lainnya memang bisa berfungsi dalam jangka waktu lama. Akan tetapi, dukungan dari atasan dan rekan kerja Anda pun juga menjadi salah satu cara mengatasi gejala rematik di kantor.

Apabila Anda mengalami rematik, segera beritahukan kepada atasan Anda, sehingga setidaknya mereka akan mempertimbangkan ulang memberikan tugas yang akan sulit dilakukan oleh Anda.

Oleh karena itu, jangan menunggu ketika kondisi Anda memburuk, sehingga tidak dapat bekerja. Keterbukaan pada atasan adalah salah satu hal yang dapat membantu Anda meringankan gejala tersebut muncul.

5. Sering beristirahat

Gejala rematik berupa sendi yang tegang akan terus muncul jika posisi duduk tidak berubah dalam waktu yang lama. Nah, usahakan untuk berdiri dan berjalan setiap 20-30 menit.

6. Bekerja dari rumah atau tempat lain

Apabila gejala rematik muncul, cobalah untuk berdiskusi dengan atasan Anda. Apakah Anda boleh mengerjakan pekerjaan dari rumah. Selain bisa beristirahat, cara ini terbilang ampuh dalam mengatasi gejala rematik.

7. Pakaian kerja yang fleksibel

Sekarang ini, banyak kantor yang tidak memiliki peraturan tentang pakaian saat kerja, artinya fleksibel, tetapi rapi dan sopan.

Nah, bagi beberapa orang memakai sepatu formal sering membuat sendi pada kaki mereka sakit. Oleh karena itu, menyediakan sendal jepit dan sepatu kets sebagai alternatif alas kaki Anda adalah pilihan yang baik.

Penyakit rematik memang sering menghalangi pekerjaan Anda. Oleh karena itu, mengikuti cara mengatasi gejala rematik di kantor yang ada diatas adalah hal yang baik. (sbc-02/hel)

 




Tinggalkan Balasan

error: