Warning: Cannot modify header information - headers already sent by (output started at /home/starberi/public_html/index.php:8) in /home/starberi/public_html/wp-content/plugins/post-views-counter/includes/counter.php on line 246
Starberita.com | Cepat & Akurat – Minuman Ini Aman untuk Penderita Diabetes
Search
Jumat 23 Agustus 2019
  • :
  • :

Minuman Ini Aman untuk Penderita Diabetes

Starberita – Jakarta, Penderita diabetes harus menjaga asupan makan dan minum sehari-hari. Mungkin Diabestfriends sudah hapal, makanan apa saja yang sebaiknya dibatasi. Namun, bagaimana dengan minuman? Apa saja minuman yang aman untuk penderita diabetes?

Sama seperti makanan, minuman pun ada yang mengandung gula. Menakar asupan gula dan karbohidrat itu penting untuk mengandilkan gula darah. Jadi, Diabestfriends harus tahu pilihan minuman untuk penderita diabetes yang aman.

Berikut penjelasan lebih jauh tentang minuman untuk penderita diabetes!

Minuman yang Aman untuk Penderita Diabetes

Menurut American Diabetes Association (ADA), penderita diabetes direkomendasikan mengonsumsi minuman berkalori rendah atau tanpa mengandung kalori sama sekali. Hal ini direkomendasikan untuk mencegah kenaikan gula darah.

Memilih minuman yang tepat bisa membantu Diabestfriends terhindari dari efek samping yang negatif, mengontrol gula darah, dan menjaga berat badan sehat.

Lima minuman paling aman untuk penderita diabetes diantaranya:

  • Air putih
  • Teh tawar
  • Kopi tawar
  • Jus tomat atau jus V8
  • Susu

Minuman tanpa kalori atau berkalori rendah adalah pilihan minuman untuk penderita diabetes yang paling baik. Diabestfriends juga meneteskan sedikit air lemon atau jeruk nipis ke dalam air putih, supaya lebih segar.

Diabestfriends juga perlu tahu bahwa pilihan minuman rendah gula, baik itu dalam bentuk jus sayuran ataupun susu, harus dikonsumsi secara terbatas. Berikut penjelasan lebih jelas tentang minuman untuk penderita diabetes yang paling aman:

1. Air putih

Untuk menghidrasi tubuh, pilihan minuman untuk penderita diabetes yang terbaik adalah air putih. Pasalnya, air putih tidak akan meningkatkan kadar gula darah. Selain itu, biasanya kadar gula darah tinggi bisa menyebabkan dehidrasi.

Minum air putih yang cukup bisa membantu tubuh mengeluarkan sisa gula darah lewat urin. Menurut Institute of Medicine, pria direkomendaiskan minum air putih 13 gelas per hari, sementara wanita direkomendasikan minum 9 gelas per hari.

Kalau Diabestfriends sedang bosa minum air putih, coba cari cara kreatif untuk menambah kesegarannya, misalnya:

  • Memasukkan potongan buah, seperti lemon, jeruk nipis, atau jeruk biasa
  • Memasukkan tanaman herbal, seperti mint, basil, dan lainnya

2. Teh

Menurut penelitian, teh hijau baik untuk diminum kesehatan. Teh hijau juga bisa membantu meredakan tekanan darah dan menurunkan kadar kolesterol jahat LDL. Jadi,  teh hijau adalah pilihan minuman untuk penderita diabetes yang aman.

Penelitian lain menunjukkan bahwa minum enam cangkir teh hijau per hari bisa menurunkan risiko terkena diabetes tipe 2. Namun, diperlukan penelitian lebih jauh untuk mengonfirmasi hal itu.

Yang  jelas, teh apapun yang Diabestfriends pilih, baik itu teh hijau, teh hitam, ataupun teh hitam, boleh-boleh saja, asal jangan campurkan pemanis ke dalamnya.

3. Kopi

Menurut penelitian pada 2012, minum kopi bisa menurunkan risiko terkena diabetes tipe 2. Ahli menemukan bahwa risikonya turun lebih signifikan pada orang yang minum dua atau tiga gelas kopi per hari.

Hal tersebut berlaku pada kopi berkafein atau tanpa kafein. Jadi, kalau Diabestfriends tidak suka kafein, minumlah kopi tanpa kafein.

Sama seperti teh, sebaiknya minumlah kopi tanpa pemanis. Menambah susu, krim, ataupun gula ke dalam kopi hanya akan menambah jumlah kalori secara keseluruhan dan juha meningkatkan kadar gula darah.

4. Jus sayuran

Kebanyakan jus buah memiliki kandungan gula yang terlalu tinggi. Jadi, kalau mau minum jus, Diabestfriends bisa mencoba jus sayuran atau jus tomat sebagai alternatifnya.

Untuk membuat jus sayuran yang segar, Diabestfriends bisa mencampurkan bahan-bahan, seperti sayuran berdaun hijau, seledri, atau ketimun, dengan buah berry, sebagai penambah rasanya.

5. Susu rendah lemak

Produk susu mengandung mineral yang baik ujntuk tubuh, namun juga menambah kandungan karbohidrat ke dalam asupan harian Diabestfriends. Namun, susu rendah lemak tetap menjadi salah satu minuman untuk penderita diabetes yang aman.

Pilihlah susu tang pemanis, rendah lemak, atau susu skim. Diabestfriends juga harus membatasi konsumsinya menjadi satu hingga dua gelas per hari. Diabestfriends juga bisa mencoba susu kacang.

Minuman yang Harus Dihindari Penderita Diabetes

Setelah membahas pilihan minuman untuk penderita diabetes yang aman, Diabestfriends juga harus tahu apa yang harus dihindari. Berikut lima minuman yang perlu dihindari penderita diabetes:

  • Soda biasa
  • Minuman berenergi
  • Diet soda
  • Jus buah yang manis
  • Alkohol

Jadi, hindari minuman yang mengandung gula. Minuman manis tidak hanya bisa meningkatkan kadar gula darah, namun juga bisa menambah kadar kalori dalam tubuh,

Berikut penjelasan lebih lengkap tentang minuman yang perlu dihindari penderita diabetes:

1. Soda biasa

Soda menempati peringkat pertama minuman yang harus dihindari penderita diabetes. Pada umumnya, satu kaleng soda mengandung 40 gram karbohidrat dan 150 kalori.

Minuman manis ini juga bisa meningkatkan berat badan dan memiliki efek negatif terhadap gigi. Jadi, sebaiknya hindari minuman ini. Carilah minuman untuk penderita diabetes yang lebih sehat dan segar.

2. Minuman berenergi

Minuman berenergi  juga memiliki kandungan kafein dan karbohidrat yang tinggi. Penelitian menunjukkan bahwa minuman berenergi tidak hanya meningkatkan kadar gula darah, namun juga meningkatkan resistensi insulin. Hal ini bisa meningkatkan risiko diabetes tipe 2.

Terlalu banyak mengonsumsio kafein bisa menyebabkan rasa gugup, meningkatkan tekananan darah, dan insomnia. Semua hal tersebut bisa memengaruhi kesehatan Diabestfriends secara keseluruhan.

3. Diet Soda

Pemanis biuatan, seperti  yang ada di diet soda memiliki efek negaitf terhadap bakteri di usus. Hal ini bisa meningkatkan resistensi insullin dan memperparah diabetes.

Menurut penelitian pada 2009, terlalu banyak minum diet soda bisa meningkatkan risiko sindrom metabolisme. Sindrom ini menyebabkan beragam masalah kesehatan, termasuk:

  • Tekanan darah tinggi
  • Kadar kolesterol tinggi
  • Kadar trigliserida tinggi
  • Peningkatan berat badan
  • Kadar gula darah tinggi

4. Jus Buah Manis

Meskipun jus buah yang diminum dalam batasan tertentu aman untuk Diabestfriends, jus buah yang manis bisa menambah jumlah asupan karbohidrat harian. Hal ini bisa mengganggu kestabilan gula darah meningkatkan risiko kenaikan berat badan.

Kalau Diabestfriends sedang ingin minum jus buah, pilihlah jus yang 100% murni dan tidak mengandung gula tambahan.

5. Alkohol

Kalau Diabestfriends punta tekanan darah tinggi atau kerusakan saraf akibat diabetes, minum alkohol dalam jumlah berlebihan bisa memperparah kondisinya. Konsultasikan dengan dokter jika Diabestfriends boleh minum alkohol.

Beberapa penelitian menunjukkan manfaat positif minum red wine pada penderita diabetes, meskipun penelitian lebih lanjut dibutuhkan untuk mengonfirmasinya. Kalaupun Diabestfriends ingin minum alkohol, sebaiknya pilih red wine. Pasalnya, minuman ini menganduk bahan antioksidan dan rendah karbohidrat.

Selama konsumsi red wine dibatasi, maka efeknya tidak akan meningkatkan berat  badan Diabestfriends.

Intinya, minuman untuk penderita diabetes yang terbaik adalah air putih. Teh tawar atau susu skim juga pilihan yang baik. Jus buah boleh dikonsumsi, asal dibatasi dan tanpa pemanis tambahan. (sbc-02/gsc)

 




Tinggalkan Balasan

error: