Warning: Cannot modify header information - headers already sent by (output started at /home/starberi/public_html/index.php:8) in /home/starberi/public_html/wp-content/plugins/post-views-counter/includes/counter.php on line 246
Starberita.com | Cepat & Akurat – Komisi I DPRD Medan Minta KPU Perbaiki Penyelenggaraan Pemilu
Search
Kamis 19 September 2019
  • :
  • :

Komisi I DPRD Medan Minta KPU Perbaiki Penyelenggaraan Pemilu

Starberita – Medan, Komisi I DPRD Kota Medan meminta Komisi Pemilihan Umum (KPU) secara umum di semua tingkatan untuk memperbaiki kualitas penyelenggaraan Pemilihan Umum (Pemilu) kedepan.

Permintaan itu disampaikan Ketua Komisi I DPRD Kota Medan, Sabar Syamsurya Sitepu, dalam rapat dengar pendapat (RDP) dengan KPU dan Bawaslu Kota Medan pasca Pemilu serentak 2019 di ruang rapat Komisi I DPRD Kota Medan, Rabu (24/4/2019).

Sabar tidak menampik banyak ketidakberesan dalam penyelenggaraan Pemilu serentak 17 April 2019 lalu, dimana banyak pemilih tidak datang karena tidak memiliki C6 sebagai undangan untuk memilih.

“Katanya hanya pakai KTP elektronik bisa memilih, tapi ketika masyarakat hendak memilih justru di bola-bola. Akibatnya, masyarakat enggan menyalurkan hak pilihnya,” kata Sabar.

Disisi lain, sebut Sabar, kesiapan KPPS selaku penyelenggaran di tingkat TPS juga tidak cukup matang, akibat rekrutmen anggota yang tidak berpengalaman.

“Kalau penyelenggaraan disatukan dengan Pilpres, itu bukan alasan. Penghitungan suara Pilpres bisa selesai sampai sore saja atau selambat-lambatnya habis maghrib. Tapi kenapa mesti sampai malam, ini bukti kalau petugas di TPS tidak siap,” kata Sabar.

Karenanya, Sabar, berharap agar penyelenggaraan Pemilu kedepan lebih baik. “Bagaimana memperbaiki agar Pemilu kedepan lebih baik lagi, ini bukan hanya untuk kami semata, tetapi efeknya kedepan. Kalau hari ini tidak beres, tentu efeknya kedepan. Makanya, ini harus diperbaiki,” tegas Sabar.

Hadir dalam RDP itu Ketua DPRD Kota Medan, Henry Jhon Hutagalung, anggota Komisi I Andi Lumbangaol dan Zulkarnain Yusu Nasution. Dari KPU hadir Ketua Agus Ramadani Damanik, anggota Rinaldi Khair, Nana Miranti dan Edy Suhartono. Sedangkan dari Bawaslu hadir Ketua Payung Harahap dan Komisioner Divisi Pengawasan, Muhammad Fadly. (sbc-02)

 




Tinggalkan Balasan

error: