Warning: Cannot modify header information - headers already sent by (output started at /home/starberi/public_html/index.php:8) in /home/starberi/public_html/wp-content/plugins/post-views-counter/includes/counter.php on line 246
Starberita.com | Cepat & Akurat – Sekda: Pengelolaan Aset Harus Dilakukan Secara Baik, Tertib & Sistematis
Search
Kamis 19 September 2019
  • :
  • :

Sekda: Pengelolaan Aset Harus Dilakukan Secara Baik, Tertib & Sistematis

Starberita – Medan, Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Medan, Wirya Alrahman, mengatakan pengelolaan aset harus dilakukan secara baik, tertib dan sistematis, karena merupakan salah satu unsur penting serta menjadi landasan dalam penyusunan laporan keuangan daerah.

Hal itu disampaikan, Sekda, dalam sambutannya ketika membuka Focus Group Discussion (FGD) tentang Penghapusan dan Inventarisasi Barang Milik Daerah, Sekasa (23/4/2019).

Sebagaimana diamanatkan dalam Peraturan Pemerintah Nomor 27 Tahun 2014 tentang pengelolaan barang milik negara/daerah dan Permendagri Nomor 19 Tahun 2016 tentang pedoman pengelolaan barang milik daerah, kata Sekda, disebutkan barang daerah memiliki aturan dan siklus pengelolaan yang bersifat nasional, mulai dari perencanaan, perolehan, pengelolaan, sampai penghapusan dan ganti ruginya.

Untuk mencapai tujuan tersebut, sebut Sekda, Pemerintah Daerah perlu mempersiapkan aparatnya menghadapi perubahan, mendorong pelaksanaan tata kelola aset daerah sesuai dengan peraturan, efektif, efisien, transparan dan akuntabel, agar laporan keuangan menuju Good Goverment atau pemerintahan yang baik.

“Untuk menunjang keberhasilan tata kelola barang milik daerah yang efektif, efisien dan akuntabel, diperlukan dukungan, komitmen partisipasi dan tanggungjawab dari semua pihak,” ucap Sekda.

Kepada seluruh peserta, Sekda, meminta untuk mengikuti kegiatan ini dengan seksama dan sungguh-sungguh, agar dapat mencermati dan melaksanakan segala aturan dalan pengelolaan barang daerah, sehingga dapat memahaminya dengan baik dan melaksanakannya dengan benar.

“Azas-azas dalam pengelolaan aset tersebut, baik itu azas fungsional, kepastian hukum, transparansi, efisiensi, akuntabilutas, dan kepastian nilai harus menjadi pegangan dalam pelaksanaannya,” pinta Wirya.

Sekda berharap, agar para peserta dapat mengikuti kegiatan ini dengan sebaik-baiknya. “Jadikanlah kegiatan pengelolaan barang milik daerah ini sebagai salah satu upaya untuk meningkatkan keahlian dan pengetahuan para pesera,” pintanya lagi. (sbc-02)

 




Tinggalkan Balasan

error: