Warning: Cannot modify header information - headers already sent by (output started at /home/starberi/public_html/index.php:8) in /home/starberi/public_html/wp-content/plugins/post-views-counter/includes/counter.php on line 246
Starberita.com | Cepat & Akurat – Disukai Rasulullah, Ini Khasiat Jahe bagi Kesehatan
Search
Kamis 21 November 2019
  • :
  • :

Disukai Rasulullah, Ini Khasiat Jahe bagi Kesehatan

Starberita – Jakarta, Jahe adalah tanaman herbal yang kaya akan manfaat untuk kesehatan. Biasanya jahe suka diracik jadi minuman untuk menghangatkan tubuh. Selain itu, jahe juga bisa dijadikan bumbu masakan dan dijadikan bahan-bahan makanan lainnya.

Tapi tahu tidak kalau Nabi Muhammad SAW sangat menyukai jahe? Menurut Abu Nu’aim dalam ath-Thibb an-Nabawi, Rasulullah sangat suka bila mendapatkan hadiah satu bejana jahe dari Raja Romawi.

Jahe juga merupakan salah satu tanaman yang namanya diabadikan dalam Al-Quran- tepatnya dalam surat al-Insan ayat 17 yang berbunyi:

“Dalam surga itu mereka diberi minum segelas (minuman) yang campurannya adalah jahe.” (Al-Insan: 17)

Ini membuktikan bahwa jahe adalah tanaman herbal yang sangat spesial dan kaya akan khasiat untuk tubuh. Langsung saja, berikut lima manfaat jahe untuk kesehatan tubuh yang sudah dibuktikan oleh penelitian.

1. Mengobati mual

Jahe terkenal dengan khasiatnya untuk mengobati mual dan muntah-muntah. Menurut hasil 12 studi berbeda, jahe sangat efektif untuk mengurangi mual tanpa memiliki efek samping. Oleh karena itu, ibu hamil sering mengonsumsi jahe untuk mengurangi rasa mual.

2. Mengurangi rasa nyeri saat menstruasi

Banyak perempuan lebih memilih menggunakan obat-obatan untuk mengurangi rasa nyeri saat menstruasi. Namun obat-obatan yang dibeli di apotek atau warung cenderung memiliki efek samping.

Jahe adalah obat alami untuk mengurangi rasa nyeri saat menstruasi. Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Alternative and Complementary Medicine, jahe dapat mengurangi nyeri haid sama efeknya dengan ibuprofen dan asam mefanamic.

3. Dapat mencegah pertumbuhan kanker

Salah satu manfaat jahet yang sangat menakjubkan yaitu sifat anti-kankernya. Jahe dipercaya dapat mencegah pertumbuhan kanker seperti kanker ovarium, pankreas dan prostat karena mengandung senyawa kuat yang disebut 6-gingerol.

4. Mengatur gula darah

Gula darah tinggi dapat menyebabkan masalah serius bagi tubuh, seperti sakit kepala berkepanjangan dan bahkan dapat merusak saraf.

Penelitian telah membuktikan bahwa jahe mampu mengatur kadar gula dalam darah. Dalam penelitian yang dipublikasikan pada tahun 2015 itu, suplementasi jahe sebenarnya dapat mengurangi gula darah sebesar 12% dan meningkatkan kontrol gula darah untuk jangan panjang.

5. Meredakan nyeri sendi dan otot

Dalam sebah studi, mengonsumsi jahe setiap hari dapat meredakan nyeri sendi dan otot yang disebabkan karena cedera atau terlalu banyak bekerja.

6. Meningkatkan fungsi otak

Jahe kaya akan antioksidan dan zat anti-inflamasi yang dapat meningkatkan fungsi otak. Beberapa penelitian pada hewan telah membuktikan bahwa ekstrak jahe dapat melindungi otak dari penuaan dan penurunan kognitif otak.

Malahan menurut penelitian tahun 2012, jahe bisa meningkatkan fungsi kognitif dan mencegah risiko terkena penyakit Alzheimer pada wanita paruh baya.

Selain itu masih banyak manfaat jahe lainnya. Pantasan saja jahe begitu disukai oleh Rasulullah dan bahkan diabadikan dalam Al-Quran. (sbc-02/vnc)

 




Tinggalkan Balasan

error: