Search
Rabu 26 Juni 2019
  • :
  • :

Tim Perivikasi PHBS Nasional Kunjungi Desa Buntu Pane

Starberita – Asahan, Tim Perivikasi Pola Hidup Sehat dan Bersih (PHBS) tingkat Nasional tahun 2019 kunjungi Desa Buntu Pane Kecamatan Buntu Pane Asahan, kemarin. Dalam kunjungannya, tim perivikasi yang turun kelapangan dari Promkes Ibu Intan, Astasari, dan Ketua PKK Laksmi melihat kegiatan PHBS di Desa Buntu Pane.

“Kami ingin berdiskusi dengan kader dan melihat 10 indikator PHBS yang dilaksanakan salah satu desa yang dinominasikan dari Kab. Asahan,” ujar mereka.

“10 indikator PHBS diantaranya Persalinan yang ditolong Faskes, Bayi yang diberi ASI exklusif, Rumah Tangga yang menimbang bayinya, Penggunaan Air Bersih, Cuci Tangan Pakai Sabun dan air mengalir. Penggunaan Jamban, Pemberantasan jentik nyamuk, makan buah dan sayur, aktifitas fisik, dan anggota keluarga yang tidak merokok”.

Jika 10 indikator ini dapat dijalankan dengan baik dan benar, lanjut mereka akan dapat mencegah stunting dan dapat meningkatkan derajat kesehatan keluarga, terang tim Perivikasi tersebut.

Bupati Asahan Taufan Gama Simatupang dalam sambutan singkatnya disampaikan Wakil Bupati Surya Bsc mengatakan, PHBS adalah sebuah rekayasa sosial yang bertujuan menjadikan sebanyak mungkin anggota masyarakat sebagai agen perubahan agar mampu meningkatkan kualitas perilaku sehari-hari dengan tujuan hidup bersih dan sehat.

“Manfaat utama PHBS adalah terciptanya masyarakat yang sadar kesehatan dan memiliki bekal pengetahuan dan kesadaran untuk menjalani perilaku hidup yang menjaga kebersihan dan memenuhi standar,”tandas Surya.

Sementara Ketua TP PKK Asahan Ny. Winda Taufan Gama mengatakan TP PKK Kab. Asahan menerapkan indikator-indikator yang telah ditetapkan pada PHBS, dan telah diterapkan pada kehidupan sehari-hari oleh masyarakat Kec. Buntu Pane. “Dengan menerapkan PHBS di kehidupan sehari-hari perubahan pola hidup pada keluarga menjadi lebih sehat,” ungkap Winda. (sbc-05/drh)




Tinggalkan Balasan

error: