Search
Jumat 3 April 2020
  • :
  • :

KPU Sumut Diminta Buka Hasil Pleno Iklan Kampanye

Starberita – Medan, Komisi Informasi Publik (KIP) meminta Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sumut membuka secara transparan ke publik hasil pleno lembaga itu, terkait iklan kampanye Pemilu yang disebut-sebut menggunakan anggaran negara senilai Rp3,5 miliar.

“Jika memang mekanisme dalam menetapkan media yang mendapat jatah dana kampanye dilakukan melalui hasil pleno sebagaimana pernyataan pihak KPU Sumut,¬† buka saja ke publik bagaimana mekanismenya,” kata Wakil Ketua KIP Sumut, Robinson Simbolon, menjawab pertanyaan dalam Diskusi Publik Kerjasama Kelembagaan bertemakan “Peran Sentral Komisi Informasi dalam Penyelesaian Sengketa Informasi Pemilu, Jumt (29/3/2019).

Robinson menegaskan, masyarakat punya hak untuk mendapatkan informasi tentang mekanisme tersebut dan itu diatur oleh undang-undang sistem keterbukaan informasi¬† publik. “Pihak KPU Sumut juga wajib menjelaskan secara transparan ke publik,” ujarnya.

Robinson menyatakan siap memfasilitasi perusahaan media dan mengimbau pihak yang keberatan terhadap kebijakan KPU itu untuk membuat permohonan secara tertulis.

“Dalam hal ini mari kita uji sikap terbuka KPU Sumut dalam melaksanakan anggaran iklan kampanye Pemilu 2019, apakah benar-benar sesuai prosedur,” ucapnya. (sbc-03)

 




Tinggalkan Balasan

error: