Warning: Cannot modify header information - headers already sent by (output started at /home/starberi/public_html/index.php:8) in /home/starberi/public_html/wp-content/plugins/post-views-counter/includes/counter.php on line 246
Starberita.com | Cepat & Akurat – Ada Tonjolan Mirip Kembang Kol di Organ Intim, Waspada Kutil Kelamin
Search
Jumat 18 Oktober 2019
  • :
  • :

Ada Tonjolan Mirip Kembang Kol di Organ Intim, Waspada Kutil Kelamin

Starberita – Jakarta, Penyakit kutil kelamin ialah penyakit menular seksual yang bisa terjadi baik pada pria maupun wanita. Penyakit ini umumnya menular pada mereka yang telah aktif secara seksual.

Menurut dokter dari Klinik Pramudia, dr. Anthony Handoko, SpKK, FINSDV, dalam banyak kasus, pasien yang terinfeksi kutil kelamin, biasanya tidak memiliki keluhan sama sekali atau bersifat asimptomatik.

“Gejala klinis yang terlihat hanya dapat berupa tonjolan pada kulit seperti kutil, yang berbentuk rata (flat) atau sering menyerupai bentuk kembang kol,” ungkap Anthony.

Hal ini membuat banyak orang seringkali bingung membedakan benjolan biasa dengan kutil kelamin. Lalu bagaimana cara mengenali seorang yang terinfeksi kutil kelamin?

“Harus ada awareness, tahu bahwa ada yang namanya kutil kelamin. Jadi bila ada benjolan tentu mereka tidak bisa mendeteksi, tapi ketika tahu mereka bisa langsung memeriksakan ke dokter,” ungkap dia.

Ketika sudah diperiksakan dan dikonsultasikan dengan dokter, barulah nanti ditentukan apakah itu kutil kelamin atau bukan. Hal ini menjadi penting, agar jika memang terbukti, dokter bisa langsung segera melakukan tatalaksana kepada pasien.

“Jadi sesederhana dan curiga ada yang namanya kutil kelamin. Dan memeriksakan ke dokter itu sudah cukup,” ungkap dia. (sbc-02/vnc)

 




Tinggalkan Balasan

error: