Warning: Cannot modify header information - headers already sent by (output started at /home/starberi/public_html/index.php:8) in /home/starberi/public_html/wp-content/plugins/post-views-counter/includes/counter.php on line 246
Starberita.com | Cepat & Akurat – Hati-hati, Kesehatan Mulut Juga Bisa Pengaruhi Kesuburan!
Search
Rabu 13 November 2019
  • :
  • :

Hati-hati, Kesehatan Mulut Juga Bisa Pengaruhi Kesuburan!

Starberita – Jakarta, Kondisi hormon dalam tubuh memang menjadi faktor penting yang memengaruhi kesuburan wanita. Namun, sebuah penelitian ternyata menunjukkan bahwa kesehatan mulut juga memiliki pengaruh lho terhadap fertilitas!

Kesuburan Dipengaruhi oleh Kesehatan Mulut

Memiliki momongan tentu menjadi harapan setiap pasangan yang telah menikah. Sayangnya, tidak semua pasangan bisa memperolehnya dengan mudah. Salah satu kendala yang cukup umum adalah pasangan wanita yang tidak bisa hamil atau mengalami kemandulan.

Kemandulan atau infertilitas bisa dipicu oleh beberapa faktor, misalnya obesitas, kebiasaan merokok, meminum alkohol, masalah tiroid, hingga penyakit seperti kanker. Namun tak hanya itu, sebuah penelitian ternyata juga menunjukkan bahwa kesuburan seorang wanita dipengaruhi pula oleh kesehatan mulut, terutama gigi.

Kondisi Apa Saja yang Dapat Memengaruhi Kesuburan?

Banyak yang belum tahu bahwa berbagai permasalahan pada mulut dan perawatan yang tidak tepat bisa memengaruhi kesuburan serta kehamilan. Nah, berikut ini beberapa permasalahan pada mulut yang berisiko memengaruhi kesuburan.

  1. Penyakit gusi

Terdapat hubungan antara kesehatan gigi dengan tingkat kesuburan seseorang. Ketika gusi dan jaringan pendukung pada mulut terinfeksi dan meradang secara kronis, sistem kekebalan tubuh akan merespons dan memulai reaksi berantai yang dapat menyebabkan keguguran atau kelahiran prematur.

  1. Gingivitis

Jika dibiarkan, penyakit gusi yang tidak diobati bisa mengarah pada kondisi gingivitis, yaitu ketika terdapat penumpukan plak dan karang gigi. Sama seperti sebelumnya, kondisi gingivitis akan membuat sistem kekebalan tubuh merespons dan akhirnya memicu kelahiran prematur dengan kondisi berat lahir bayi rendah.

  1. Periodontis

Jika gingivitis dibiarkan dan tidak diobati dalam waktu lama, maka akan menyebabkan peradangan di sekitar gigi, yang disebut dengan periodontis. Periodontis juga dapat menyebabkan sejumlah permasalahan saat kehamilan, seperti keguguran, kelahiran prematur, dan berat badan lahir rendah pada bayi.

  1. Karies

Karies atau gigi berlubang disebabkan oleh bakteri mulut. Kondisi ini bisa berbahaya dan memengaruhi fertilitas, karena bakteri tersebut bisa masuk ke aliran darah dan menuju rahim, serta memicu terjadinya kontraksi. Apabila kontraksi terjadi sebelum waktunya, maka wanita hamil berisiko melahirkan bayi prematur.

  1. Terlalu sering menggunakan obat kumur

Menggunakan obat kumur adalah cara yang baik untuk menjaga mulut tetap bersih dan sehat. Akan tetapi, banyak obat kumur berbasis alkohol yang membuat penggunaan secara berlebihan bisa memengaruhi kesuburan.

  1. Memengaruhi tingkat konsepsi

Penelitian telah menunjukkan bahwa wanita yang memiliki permasalahan dengan gigi membutuhkan waktu lebih lama untuk hamil, yakni sekitar 2 bulan lebih, dibanding wanita yang memiliki kesehatan mulut normal.

Apa yang Perlu Dilakukan?

Nah, sekarang sudah tahu kan bahwa kondisi kesehatan mulut juga memiliki pengaruh terhadap kesuburan? Bahkan, tak hanya pada wanita, kesehatan mulut juga memiliki pengaruh pada fertilitas pria, lho.

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa pria dengan kesehatan mulut yang baik berpeluang lebih tinggi memiliki kondisi sperma dan kesuburan yang sehat, daripada pria yang kesehatan mulutnya tidak terjaga.

Karena begitu berpengaruhnya kesehatan mulut terhadap kesuburan, pastikan untuk selalu merawatnya dengan rutin menyikat gigi secara teratur serta membersihkan lidah.

Jangan lupa juga untuk selalu memeriksakan kondisi kesehatan gigi minimal 2 kali dalam setahun. Terlebih bagi para wanita yang sedang ingin merencanakan kehamilan, karena ini akan berkontribusi pula terhadap kesuburan.

Ternyata menjaga kesehatan mulut bukan semata-mata hanya untuk membuat gigi terlihat putih dan napas wangi saja, ya. Lebih dari itu, menjaga kesehatan mulut merupakan investasi yang baik untuk masa depan, terlebih bagi Kamu yang ingin memiliki momongan. (sbc-02/gsc)

 

 




Tinggalkan Balasan

error: