Search
Rabu 5 Agustus 2020
  • :
  • :

Ternyata, Ini 4 Penyebab Gigi Goyang Pada Orang Dewasa

Starberita – Jakarta, Gigi goyang pada anak-anak  itu wajar, sebab kondisi ini menandakan bahwa gigi susu telah siap digantikan oleh gigi tetap. Berbeda dengan anak-anak, penyebab gigi goyang pada orang dewasa bisa berasal dari berbagai faktor. Agar penanganannya tepat, berikut adalah beragam penyebab gigi goyang yang perlu Anda ketahui sebelum berkunjung ke dokter gigi.

Penyebab gigi goyang pada orang dewasa

Gigi goyang pada orang dewasa biasanya tidak muncul tanpa sebab. Berikut adalah beragam hal yang bisa memicu gigi goyang:

1. Periodontitis

Dikenal juga sebagai penyakit radang gusi, periodontitis ditandai oleh peradangan dan infeksi pada area gusi akibat kurangnya kebersihan mulut. Penyakit ini biasanya merupakan dampak dari kebiasaan menyikat gigi dan membersihkan mulut yang salah sehingga plak masih tersisa di antara celah gigi.

Plak yang menempel pada gigi merupakan tempat berkumpulnya bakteri. Jika dibiarkan, plak akan mengeras dan menjadi tartar. Pembentukan tartar akan menghasilkan celah antara gigi dan gusi, kemudian menjadi tempat yang rentan terhadap infeksi. Infeksi yang berlanjut dapat mengikis tulang dan jaringan di sekitar gigi sehingga menjadi penyebab gigi goyang.

2. Cedera pada gigi

Penyebab umum cedera pada gigi biasanya tidak lepas dari kecelakaan, terjatuh, cedera saat berolahraga, atau bahkan teknik perawatan gigi yang salah. Dampaknya adalah gigi yang patah, goyang, atau timbul kerusakan pada tulang dan jaringan penyokong gigi.

Sebagian orang juga dapat mengalami kerusakan pada gigi akibat kebiasaan menggeretakkan gigi, baik secara sadar maupun tidak. Biasanya, dampaknya baru akan terasa begitu rahang Anda terasa sakit atau gigi Anda mulai goyang.

3. Hormon kehamilan

Tak banyak diketahui, kehamilan juga dapat menjadi salah satu penyebab gigi goyang. Hormon progesteron dan estrogen yang meningkat selama masa kehamilan dapat menyebabkan pelonggaran pada kumpulan jaringan ikan dan tulang di sekitar gigi.

Kondisi gigi Anda akan kembali normal usai masa kehamilan. Namun, jangan mengabaikan gejala apa pun yang muncul pada gigi dan mulut Anda. Periksakan diri Anda pada dokter gigi bila gigi Anda terasa goyang selama hamil. Hal ini penting agar Anda dapat mendeteksi kemungkinan adanya masalah lain pada gigi dan mulut.

4. Osteoporosis

Osteoporosis merupakan penyakit yang membuat tulang Anda menjadi rapuh dan rentan mengalami kerusakan. Meskipun lebih sering terjadi pada tulang penyokong seperti punggung dan pinggang, osteoporosis ternyata juga dapat menjadi penyebab gigi goyang pada beberapa penderita. Menurut National Institute of Health wanita yang mengalami osteoporosis akan 3 kali lebih mungkin mengalami gigi goyang dibanding wanita yang tidak osteoporosis.

Ini disebabkan karena osteoporosis juga dapat menyerang jaringan tulang pada rahang yang berfungsi menyokong gigi. Tulang rahang yang rapuh tidak mampu menahan gigi seperti sebelumnya. Akibatnya, gigi Anda akan menjadi goyang atau bahkan copot.

Gigi goyang dapat diatasi dengan berbagai cara, tapi penanganannya sangat tergantung dengan penyebabnya. Beberapa orang mungkin disarankan untuk melakukan perawatan gigi sederhana karena penyebabnya tergolong ringan.

Disisi lain, ada pula orang yang perlu menjalani operasi pengangkatan gigi guna mencegah komplikasi. Inilah mengapa Anda perlu memahami apa yang menjadi penyebab gigi goyang sebelum menentukan metode penanganan yang tepat. (sbc-02/hel)

 

 




Tinggalkan Balasan

error: