Warning: Cannot modify header information - headers already sent by (output started at /home/starberi/public_html/index.php:8) in /home/starberi/public_html/wp-content/plugins/post-views-counter/includes/counter.php on line 246
Starberita.com | Cepat & Akurat – Bahrumsyah Desak Pemko Medan Segera Terbitkan Perwal Perda MDTA
Search
Jumat 6 Desember 2019
  • :
  • :

Bahrumsyah Desak Pemko Medan Segera Terbitkan Perwal Perda MDTA

Starberita – Medan, Ketua Fraksi Partai Amanat Nasional (FPAN) DPRD Kota Medan, Bahrumsyah, mendesak Pemko Medan untuk segera mengeluarkan Peraturan Walikota (Perwal) sebagai petunjuk tekhnis (Juknis) pelaksanaan Peraturan Daerah (Perda) Kota Medan Nomor 5 tahun 2014 tentang  Madrasah Diniyah Takmiliyah Awaliyah (MDTA), agar Perda dapat segera diterapkan.

“Perda disahkan tahun 2014 dan berlaku efektif tahun 2018. Tapi sampai hari ini (tahun 2019, red) belum ada Perwal-nya,” kata Bahrumsyah ketika mensosialisasikan Perda No. 5 tahun 2014 tentang MDTA pada Sosialisasi ke-V yang dilaksanakan di Jalan Mangaan I, Kelurahan Mabar, Kecamatan Medan Deli, Senin (18/3/2019) malam.

Perda ini dilahirkan oleh DPRD bersama Pemko Medan, kata Bahrumsyah, karena hari ini banyak anak-anak Sekolah Dasar (SD) dan Sekolah Menengah Pertama (SMP) sibuk dengan dunia digital.

“Etika anak-anak hari ini semakin tidak terkontrol, karena kurangnya pendidikan agama. Anak-anak sekolah hari ini hanya sibuk dengan gadget. Kondisi masyarakat, terutama generasi muda di Kota Medan ini bisa dibilang sudah sangat darurat dalam hal pengetahuannya tentang agama,” katanya.

Sementara motto Kota Medan sendiri, sebut Bahrumsyah, menjadi kota yang humanis dan religius. “Bagaimana mau jadi seperti itu (humanis dan religius, red) kalau Perwal-nya saja sebagai Juknis pelaksanaan Perda MDTA itu sampai hari ini tidak ada,” ujarnya.

Karenanya, Bahrumsyah, mendesak agar Pemko Medan segara memberlakukan Perda MDTA ini, karena di dalam Perda jelas diatur anak SD wajib mengikuti sekolah agama yang ditunjuk pemerintah.

“Kalau ini tidak segera diberlakukan, berarti Pemko Medan tidak berpihak kepada perbaikan umat Muslim di Kota Medan,” katanya.

Didalam MDTA itu, lanjut Bahrumsyah, terdapat kurikulum, seperti Al-Qura’an Hadist dan Aqidah Akhlah, yang akan menjadikan anak-anak berakhalkuk karimah. “MDTA ini menjadi salah satu syarat bagi anak-anak Islam dalam melanjutkan sekolah ke jenjang pendidikan lebih tinggi. Artinya, anak-anak Islam wajib melampirkan sertifikat dari MDTA ketika akan melanjutkan sekolah ke tingkat SMP,” ungkapnya.

Diketahu, Perda MDTA ini yang terdiri dari XIII BAB dan 28 Pasal. (sbc-02)

 

 

 




Tinggalkan Balasan

error: