Warning: Cannot modify header information - headers already sent by (output started at /home/starberi/public_html/index.php:8) in /home/starberi/public_html/wp-content/plugins/post-views-counter/includes/counter.php on line 246
Starberita.com | Cepat & Akurat – Walikota: ASN Harus Mampu Berinovasi Dalam Melayani Publik
Search
Minggu 20 Oktober 2019
  • :
  • :

Walikota: ASN Harus Mampu Berinovasi Dalam Melayani Publik

Starberita – Medan, Inovasi pelayanan publik merupakan terobosan di bidang pelayanan, baik yang merupakan gagasan/ide kreatif orisinil dan adaptasi/modifikasi yang memberikan manfaat bagi masyarakat baik secara langsung maupun tidak langsung.

Demikian disampaikan Walikota Medan, Dzulmi Eldin, diwakili Asistem Umum, Renward Parapat, ketika membuka Workshop Inovasi Pelayanan Publik di lingkungan Pemerintah Kota Medan tahun 2019, Senin (18/3/2019).

Workshop ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan, keahlian, keterampilan, dan sikap/perilaku aparatur pelayanan publik sehingga mampu mengimplementasikan pelayanan publik berorientasi inovasi dalam meningkatkan pelayanan publik.

Renward menjelaskan, inovasi pelayanan publik sendiri tidak mengharuskan suatu penemuan baru, tetapi dapat merupakan suatu pendekatan baru yang bersifat kontekstual.

“Inovasi tidak terbatas dari tidak ada kemudian menjadi ada, tetapi juga dapat berupa inovasi hasil dari perluasan maupun peningkatan kualitas pada inovasi yang sudah ada,” jelas Renward.

Suatu inovasi tidak harus selalu besar, tambah Renward, semua dapat dimulai dari hal-hal yang kecil E-Disiplin, E-Office, E-Monev dan lain sebagainya, yang terpenting adalah  bagaimana inovasi tersebut dapat memberi manfaat bagi instansi dan masyarakat khususnya dalam rangka peningkatan pelayanan publik di kota ini.

“Inovasi tidak harus dimulai dari yang besar tetapi bisa dimulai dari hal kecil seperti E-Disiplin, E-Office, E-Monev dan yang paling penting bagaimana inovasi itu bisa memberi manfaat bagi instansi dan masyarakat dalam meningkatkan pelayanan publik di kota ini,” tambahnya.

Kemudian, Renward, mengatakan para ASN yang mengikuti pelatihan ini memiliki peranan yang sangat penting  dalam memberikan pelayanan publik serta mampu menjawab tantangan dan mengambil peluang yang ada dengan berinovasi guna meningkatkan pelayanan publik, sehingga nantinya dapat mewujudkan Good Governance.

“Untuk dapat mewujudkan Good Governance, kita harus dapat memiliki peranan penting dalam pelatihan ini agar dapat menjawab tantangan dan mengambil peluang yang ada dengan berinovasi guna meningkatkan pelayanan publik,” ujarnya.

Renward berharap, kepada para ASN yang mengikuti pelatihan ini dengan sungguh-sungguh dan memanfaatkan ilmu yang diberikan dengan memahami konsep dan kebijakan inovasi pelayanan publik dan dapat mempraktekkannya dengan benar di OPD masing-masing.

“Saya mendukung sepenuhnya pelaksanaan sekaligus mengapresiasi workshop yang digelar Badan Kepegawaian Daerah Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKDPSDM) ini. Saya berharap para peserta dapat mempergunakan kesempatan ini sebaik-baiknya untuk menambah ilmu dan memahami konsep serta kebijakan inovasi pelayanan publik, sehingga nantinya dapat diimplementasikan kepada OPD masing-masing,” ucapnya. (sbc-02)

 

 




Tinggalkan Balasan

error: