Warning: Cannot modify header information - headers already sent by (output started at /home/starberi/public_html/index.php:8) in /home/starberi/public_html/wp-content/plugins/post-views-counter/includes/counter.php on line 246
Starberita.com | Cepat & Akurat – Hati-Hati, Nahan Pipis Bisa Sebabkan Kematian!
Search
Selasa 15 Oktober 2019
  • :
  • :

Hati-Hati, Nahan Pipis Bisa Sebabkan Kematian!

Starberita – Jakarta, Apakah Anda termasuk orang yang suka menahan pipis? Jika iya, Anda mesti waspada, kebiasaan ini ternyata bisa berdampak buruk pada kesehatan.

Selama ini mungkin Anda menganggap keinginan untuk buang air kecil bisa ditahan sampai mendapat toilet yang bersih atau menemukan toilet setelah perjalanan panjang. Tapi, faktanya kebiasaan ini malah akan merusak tubuh Anda.

Seperti yang dijelaskan dr Anis Karuniawati, SpMK, PhD, kebiasaan menahan pipis berdampak langsung pada terhambatnya proses pembersihan saluran kemih. Ini akan berdampak pada kualitas ginjal.

“Harus diketahui, di uretra itu banyak sekali bakteri yang tidak sehat dan kalau saluran kemih tidak dialiri urin dalam proses berkemih, bakteri ini akan terus masuk hingga dia ke kantung kemih,” papar dokter Anis.

Dokter Anis melanjutkan, jika kantung kemih sudah terpapar bakteri jahat yang masuk karena tidak adanya proses berkemih, ini akan menyebabkan gangguan pada ginjal dan jika terjadi dalam waktu yang panjang, masalah ginjal kronik bisa terjadi.

Maka dari itu, sangat dianjurkan setiap orang untuk mengonsumsi air putih secara cukup, setidaknya 8 gelas per hari. Ketercukupan cairan bisa memaksimalkan fungsi organ tubuh. Tidak hanya untuk hidrasi, tetapi juga memberi manfaat lebih untuk tubuh yang lebih sehat.

Tidak hanya menyebabkan masalah pada saluran kemih, Direktur Kesehatan Lingkungan Kementerian Kesehatan RI Imran Agus Nurali, SpKO juga menjelaskan kalau Anda punya kebiasaan menahan pipis, ini akan menyebabkan kristalisasi pada ginjal.

“Kalau sudah ada kristal dalam tubuh, akan terjadi gangguan pada saluran kemih. Kondisi ini bisa ditandai dengan munculnya rasa nyeri saat buang air kecil,” terangnya.

Masalah ini jika terjadi dalam jangka yang panjang, bisa menyebabkan batu ginjal. “Masalah ini cukup berbahaya dan tentunya perlu penanganan yang intensif dan dilakukan secara disiplin,” sambung Imran.

Dengan demikian, jika kondisi masalah ginjal sudah semakin parah sampai pasien mesti melakukan cuci darah, harapan hidup mereka pun tentu terganggu. So, jangan pernah malas untuk minum air putih bersih setiap harinya! (sbc-02/okz)

 




Tinggalkan Balasan

error: