Search
Sabtu 25 Mei 2019
  • :
  • :

Jangan Salah Informasi, Ini 5 Mitos & Fakta tentang Nyeri Sendi

Starberita – Jakarta, Sering digunakan untuk kegiatan sehari-hari dan sebagai tempat bertemunya dua tulang, sendi tak luput dari rasa sakit yang bisa dialami siapa saja, tak hanya orang tua. Masalah berat badan hingga kanker kerap dianggap sebagai beberapa penyebab timbulnya sakit persendian.

Dari pada salah informasi, yuk cari tahu lebih lanjut mitos dan fakta sakit persendianbersama dr. Norman Zainal, Sp.OT, M.Kes.

  1. Berat badan berlebih

Memiliki berat badan berlebih ternyata menjadi salah satu penyebab seseorang menderita gangguan pada bagian sendi. “Menahan berat (tubuh) dalam jangka panjang bisa menimbulkan keausan, Osteoarthritis, dalam waktu lama bawa beban berat akan timbul kerusakan, saat tua bahkan perlu ganti sendi,” papar dokter Norman.

  1. Penyakit kanker dan tumor

Dua penyakit ini ternyata bisa menjadi penyebab timbulnya masalah di bagian persendian, apalagi jika sudah masuk stadium lanjut.

  1. Encok

Merasa sakit di bagian pinggang, yang oleh orang awam disebut encok ini merupakan salah satu gejala awal sakit sendi. Hal ini karena encok merupakan sakit yang ada di pinggang atau panggul, sehingga saat berjalan sendi akan mengalami perubahan.

  1. Hanya lansia

Salah jika menduga sakit persendian hanya diderita oleh lansia. Mereka yang baru lahir, remaja, atau usia dewasa juga bisa mengalami penyakit ini.

  1. Olahraga

Jangan takut lagi melakukan olahraga, karena ternyata olahraga bukan penyebab seseorang menderita sakit di bagian sendi. Justru olahraga disebut dokter Norman sebagai cara untuk menjaga kesehatan sendi, terlebih jika olahraga dilakukan secara terstruktur dan terukur. (sbc-02/vnc)

 




Tinggalkan Balasan

error: