Warning: Cannot modify header information - headers already sent by (output started at /home/starberi/public_html/index.php:8) in /home/starberi/public_html/wp-content/plugins/post-views-counter/includes/counter.php on line 246
Starberita.com | Cepat & Akurat – Ini Proses Hipertensi & Diabetes Dapat Rusak Ginjal
Search
Kamis 18 Juli 2019
  • :
  • :

Ini Proses Hipertensi & Diabetes Dapat Rusak Ginjal

Starberita – Jakarta, Penderita penyakit ginjal kronis terus mengalami peningkatan yang tinggi setiap tahun. Hasil Riset Kesehatan Dasar (Riseksdas) tahun 2018 menunjukkan presentasi penyakit ini mencapai 3,8 persen atau nak 1,8 persen dari tahun 2013.

Ada beberapa faktor risiko penyakit ginjal kronis, di antaranya diabetes, hipertensi, obesitas, glomerulonefritis, penyakit autoimun, dan merokok. Namun, dari data yang masih terbatas pada IRR tahun 2017 menunjukkan penyebab terbanyak gagal ginjal di Indonesia adalah hipertensi dan diabetes.

Hal tentu perlu diwaspadai karena data Riskesdas 2018 menunjukkan hipertensi, diabetes, dan obesitas meningkat tajam dari 15 persen menjadi 21 persen dari tahun 2013.

Menurut Ketua Umum Perhimpunan Nefrologi Indonesia (Pernfri) dr. Aida Lydia, PhD, SpPD-KGH, banyak pasien hipertensi tidak minum obat dengan disiplin karena merasa tidak ada keluhan. Atau, mereka merasa cukup minum obat tradisional dan tidak datang rutin ke dokter dengan berbagai alasan, padahal hipertensi atau diabetes yang dibiarkan tanpa terkontrol dapat merusak atau menyebabkan gangguan ginjal. Bagaimana keduanya merusak ginjal?

“Karena hipertensi dan diabetes mengganggu pembuluh darah. Di dalam ginjal itu, pembuluh darah semua, sehingga terjadi kerusakan filtrasi dan lama-lama mengganggu fungsi ginjal,” ujar Aida.

Pasien gagal ginjal perlu menjalani terapi pengganti ginjal. Ada tiga pilihan terapi, hemodialisis atau cuci darah, peritoneal dialisis, dan transplantasi. Di Indonesia, hemodialisis dilakukan 98 persen pasien, sedangkan peritoneal hanya dua persen, dan transplantasi lebih sedikit lagi karena kendala donor. (sbc-02/vnc)

 




Tinggalkan Balasan

error: