Search
Sabtu 25 Mei 2019
  • :
  • :

Mitos atau Fakta, Terasi Baik untuk Tulang & Gigi?

Starberita – Jakarta, Terasi atau balacan adalah bumbu khas Nusantara yang sangat digemari. Berasal dari fermentasi udang rebon, terasi dibuat dengan menumbuk udang rebon hingga halus dan dibentuk gumpalan-gumpalan.

Pada umumnya, terasi dipakai sebagai bahan utama untuk membuat sambal. Terasi sungguh sangat dapat menyempurnakan rasa sambal, namun apakah terasi dapat memberikan manfaat kesehatan untuk tubuh?

Ada beberapa produk terasi yang menjadikan udang sebagai bahan baku utama. Anda tentu tahu bahwa udang merupakan salah satu makanan laut yang kaya nutrisi. Udang merupakan sumber protein, serta vitamin D dan B. Udang juga makanan yang mengandung sedikit lemak jenuh hingga kalsium.

Karenanya terasi diyakini masyarakat baik bagi tulang dan gigi. Pakar Gizi Klinik, dr Cindiawati Josito Pudjiadi, SpGK, MARS,MS membenarkan hal itu.

“Terasi itu dari udang rebon, betul kaya akan kalsium dan protein baik bagi tulang dan gigi. Tapi kan berapa banyak kita konsumsi terasi? Enggak banyak kan,” ujarnya.

Meski bisa dibilang bergizi, namun dalam proses pembuatannya, terasi juga terkadang ditambahkan bahan pewarna agar tampilannya menjadi lebih menarik. Hanya saja, tidak semua pewarna tersebut berasal dari bahan alami.

“Perhatikan juga warnanya, pastikan itu bukan dari pewarna sintetis. Selain itu, sebaiknya terasi dikonsumsi matang untuk menghindari kontaminasi bakteri,” katanya. (sbc-02/vnc)

 




Tinggalkan Balasan

error: