Warning: Cannot modify header information - headers already sent by (output started at /home/starberi/public_html/index.php:8) in /home/starberi/public_html/wp-content/plugins/post-views-counter/includes/counter.php on line 246
Starberita.com | Cepat & Akurat – 4 Gejala Radang Sendi Tahap Awal Ini Sering Diabaikan
Search
Selasa 15 Oktober 2019
  • :
  • :

4 Gejala Radang Sendi Tahap Awal Ini Sering Diabaikan

Starberita – Jakarta, Osteoartritis merupakan penyakit sendi yang umumnya dialami oleh kelompok usia paruh baya. Penyakit ini dapat terjadi pada semua jenis persendian, tapi lebih banyak menyerang sendi tangan, lutut, pinggang, tulang belakang, dan ibu jari kaki. Gejala penyakit ini biasanya muncul perlahan-lahan dan terus bertambah buruk. Sebagai antisipasi, berikut gejala radang sendi yang muncul pada tahap awal penyakit.

Gejala awal radang sendi yang perlu Anda kenali

Gejala awal radang sendi akibat osteoartritis cukup sulit dideteksi, tapi penyakit ini memiliki sejumlah ciri khusus. Jangan abaikan bila Anda mengalami tanda-tanda berikut.

1. Rasa nyeri pada sendi penopang tubuh

Penderita radang sendi biasanya merasakan gejala awal berupa nyeri pada punggung, leher, lutut, dan pinggang. Tapi, bukan berarti rasa nyeri pada persendian lain boleh diabaikan. Pasalnya, rasa nyeri juga bisa timbul saat Anda melakukan gerakan sederhana seperti menggerakkan jari.

2. Nyeri tekan dan kaku sendi

Rasa nyeri akibat radang sendi tidak selalu muncul setiap waktu, tapi juga dapat muncul saat Anda menekan sendi yang meradang. Bila sendi tertentu pada tubuh Anda juga terasa nyeri saat ditekan, bisa jadi ini merupakan gejala radang sendi pada tahap awal. Selain itu, Anda juga dapat mengalami kekakuan sendi, terutama saat pagi hari atau setelah beberapa saat tidak menggerakan sendi.

3. Bunyi saat menggerakkan sendi

Jaringan kartilago pada persendian Anda berfungsi melindungi tulang dari kerusakan akibat gesekan antara satu sama lain. Namun, degenerasi pada sendi akan merusak jaringan tersebut sehingga tulang yang terhubung di antaranya lebih rentan terhadap gesekan. Gesekan antartulang inilah yang menimbulkan bunyi “krek-krek” atau sensasi aneh saat Anda bergerak.

4. Terbatasnya gerak tubuh

Sebagian besar penderita osteoartritis mengalami keterbatasan saat bergerak. Pada tahap awal, Anda akan merasakan keterbatasan anggota gerak, terutama pada sendi yang terkena OA. Kekakuan dan keterbatasan gerak akan menyebabkan hilangnya kelenturan. Proses hilangnya fleksibilitas biasanya sangat bertahap.

Kerusakan sendi akibat osteoartritis akan menimbulkan dampak jangka panjang, bahkan menyebabkan keterbatasan gerak pada penderitanya. Oleh karena itu, jangan abaikan gejala radang sendi tahap awal yang Anda rasakan. Segera konsultasikan kondisi Anda pada dokter untuk mendapatkan diagnosis yang sesuai dan penanganan sedini mungkin. (sbc-02/hel)

 




Tinggalkan Balasan

error: