Search
Rabu 3 Juni 2020
  • :
  • :

Robby Anangga: Perlu Keterlibatan Provinsi Lain di PRSU

Starberita – Medan, Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Sumatera Utara (Sumut) menyarankan agar Pemerintah Provinsi Sumut melibatkan provinsi tetangga dalam menyemarakkan Gebyar Pekan Raya Sumatera Utara (PRSU)

Demikian dikatakan Ketua Komisi B DPRD Sumut, Robby Anangga kepada wartawan di ruang kerjanya Jalan Imam Bonjol Medan, Selasa (12/3/2019).

Menurut Robby, dewan terlibatnya provinsi lain seperti Aceh, Sumatera Barat (Sumbar) dan Pekan Baru dan lainnya, maka nilai tontonan di pentas tahunan itu akan semakin bertambah, termasuk pengetahuan umum tentang destinasi kebudayaan lainnya.

“Saya kira dengan melibatkan provinsi lain dalam pergelaran PRSU tersebut, maka akan mengubah penampilan sajian budaya yang ditampilkan, yang selama ini terkesan menoton atau itu saja,” sebutnya.

Selain itu, lanjut Politisi Partai Hanura itu, penampilan yang berbeda akan mampu menarik minat masyarakat yang berkunjung ke PRSU, termasuk masyarakat yang berasal dari Aceh maupun Sumbar yang sudah menetap di Sumut.

“Kita kan tinggal menambah rumah budaya dari provinsi lain, meskipun sedikit terkendala dengan luas wilayah PRSU. Nah, ketika lokasi dari areal PRSU dianggap kendala, maka selayaknya dicarikan solusi. Dengan menilik lokasi yang lebih luas dan aksesnya gampang untuk dijangkau para pengunjung,” ujarnya.

Untuk hal ini, masih kata Robby, sudah seharusnya Pemprovsu memikirkannya untuk meningkatkan kualitas PRSU

“Selain dapat menambah income PAD, juga menambah wawasan kebudayaan masyarakat,” tuturnya.

Robby juga menjelaskan, dengan luas areal yang dimiliki PRSU, maka masyarakat bersama pemerintah bebas berinovasi dan menciptakan kreasi-kreasi baru.

“Misalkan saja melibatkan Badan Usaha Milik Negara (BUMN), seperti perusahaan Inalum dan lainnya dalam penyajian hasil produknya. Progresnya jadi lebih komplit, serta memunculkan kesan kerinduan dari masyarakat untuk menunggu pentas tahunan itu,” terangnya.

Untuk itu, Robby mengajak seluruh elemen masyarakat DNA Pemprovsu untuk menciptakan ajang PRSU menjadi nilai jual yang selalu dirindukan, bukan saja untuk warga Sumut namun diluar Sumatera Utara juga merasa memilikinya. (sbc-03)




Tinggalkan Balasan

error: